Cara Memutihkan Kulit dengan Perawatan Sederhana

Kulit putih merupakan dambaan bagi setiap wanita, khususnya bagi mereka yang tinggal di iklim tropis seperti Indonesia. Iklim tropis cenderung lebih panas dibandingkan iklim lainnya sehingga berpengaruh dalam membentuk warna kulit menjadi lebih gelap. Oleh karenanya, wanita Indonesia mendambakan kulit yang putih dan cerah dibanding kulit yang gelap dan terkesan kusam. Untuk mewujudkannya, Anda perlu mencari informasi mengenai cara memutihkan kulit. Karena banyak produk-produk pemutih kulit yang masih diragukan keamanannya, maka jangan sampai Anda menggunakan krim abal-abal yang beredar di pasaran.

Sebenarnya, masih banyak sumber vitamin dari buah-buahan atau sayur-sayuran alami yang dapat dijadikan sebagai nutrisi untuk memutihkan kulit. Dengan menggunakan bahan-bahan alami tersebut, maka tidak ada risiko berbahaya atau efek samping yang dapat disebabkan. Hal itu merupakan salah satu sisi positif dari pemakaian bahan-bahan alami pemutih kulit. Jika menggunakan krim pemutih kulit tentu kandungan bahan kimia yang terdapat pada krim tersebut sangat berisiko untuk kesehatan kulit. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi para wanita untuk menerapkan cara memutihkan kulit dengan bahan-bahan dari alam.

Cara Memutihkan Kulit dengan Perawatan Sederhana
Image dari Biaonews.com

Perawatan kulit secara alami sebetulnya tidaklah rumit. Selain bahan-bahannya dapat mudah ditemukan, waktu penggunaannya juga dapat diatur sendiri sesuai dengan jadwal harian Anda. Hal yang paling penting dari perawatan wajah adalah kebersihan kulit tubuh terutama sebelum Anda mengaplikasikan bahan-bahan alami untuk memutihkan kulit. Permukaan kulit tersebut harus dibersihkan terlebih dahulu. Untuk kulit wajah, Anda bisa menggunakan facial wash dan setelah itu dilap menggunakan kain yang telah dicelupkan pada air hangat. Hal ini dimaksudkan agar pori-pori kulit dapat terbuka secara optimal sehingga kulit akan siap menerima dan menyerap vitamin yang diberikan oleh bahan-bahan alami tersebut. Selain itu, ada satu hal yang perlu diperhatikan dalam metode dan cara memutihkan kulit, yaitu kulit yang akan diberikan perawatan tidak boleh dalam keadaan iritasi karena ini bisa menyebabkan efek samping berbahaya.


Kulit yang putih sejatinya tidak hanya terlihat putih dari luar, tetapi juga harus sehat dari dalam. Karena tidak jarang kita temui wanita berkulit putih namun terlihat pucat sehingga nampak kurang sehat. Biasanya kulit yang putih pucat juga terjadi karena proses pemutihan kulit dari obat-obatan kimia. Apalagi jika penggunaan bahan kimia hanya digunakan pada bagian wajah tentu kecerahan warna kulit akan terlihat sangat signifikan. Padahal, cara memutihkan kulit dengan bahan alami lebih mudah didapatkan dan lebih bersahabat untuk kesehatan kulit wajah maupun tubuh. Misalnya seperti lidah buaya, madu, bengkoang, jeruk nipis, minyak zaitun, beras dan lain-lain. Di sini akan dijelaskan tentang penggunaan bahan-bahan alami tersebut untuk perawatan wajah, di antaranya yaitu:

1. Lidah Buaya

Lendir lidah buaya akan sangat bermanfaat untuk kulit wajah maupun tubuh. Lendirnya memiliki vitamin yang sangat bermanfaat untuk mencerahkan, melembabkan dan menyembuhkan iritasi kulit. Penggunaannya dapat dilakukan dua kali sehari secara rutin agar hasilnya lebih maksimal. Cara memutihkan kulit tubuh menggunakan lidah buaya merupakan cara yang cukup simpel karena tidak memerlukan campuran bahan lainnya. Bahkan, untuk mengeluarkan lendir lidah buaya juga mudah. Anda cukup mengusapkan-usapkan lidah buaya secara merata pada permukaan kulit Anda.

2. Madu

Jika menggunakan madu, maka pengaplikasiannya pada kulit dapat dipadukan dengan buah pisang ambon agar hasilnya lebih optimal. Sediakan satu pisang ambon yang sudah dikupas dan dihaluskan. Letakkan masker pisang pada satu tempat kemudian campurkan dengan satu sendok teh madu ke dalamnya. Setelah tercampur, aduklah kombinasi tersebut hingga merata. Setelah bahan-bahan tercampur sempurna, oleskan ke permukaan kulit Anda. Bahan tersebut dapat dioleskan di kulit wajah maupun di kulit tubuh dan setelah merata diamkan kurang lebih 15 menit agar kandungan madu dan pisangnya dapat meresap ke dalam pori-pori kulit. Cara memutihkan kulit tubuh dengan cara yang satu ini sangat fleksibel dan dapat dilakukan kapan saja.

3. Bengkoang

Khasiat bengkoang cukup familiar sebagai bahan yang ampuh dalam menangani masalah kulit. Apalagi bengkoang dikenal memiliki kandungan-kandungan vitamin dan kalsium alami yang sangat bermanfaat untuk memutihkan kulit. Cara memutihkan kulit tubuh dengan bengkoang juga cukup simpel. Anda hanya perlu mengupas bengkoang, lalu mencucinya  hingga bersih kemudian dihaluskan atau diparut. Setelah itu, bengkoang yang telah dihaluskan dapat langsung diletakkan di atas permukaan kulit. Kemudian, tunggu beberapa menit hingga masker setengah kering. Setelah itu, bersihkan kulit dengan air dan lap dengan kain yang lembut. Nutrisi dan vitamin dari bengkoang dapat membuat kulit lebih segar, sehat dan cerah.

4. Jeruk Nipis

Buah yang satu ini memiliki banyak manfaat. Selain digunakan sebagai minuman yang menyegarkan, jeruk nipis juga dapat membuat kulit nampak segar. Bahkan, ini juga dapat digunakan untuk memutihkan kulit dan menghilangkan jerawat. Iris jeruk nipis menjadi beberapa bagian kemudian usapkan di atas permukaan kulit yang ingin dicerahkan. Cara memutihkan kulit tubuh secara alami dengan jeruk nipis juga dapat dilakukan dengan cara memblender potong-potongan tomat yang ditambahkan dengan perasan air jeruk nipis. Hasil dari campuran tersebut dapat dioleskan tipis-tipis dan merata di permukaan kulit untuk dijadikan masker selama 10-15 menit. Jika masih terdapat sisa masker, maka dapat disimpan di dalam kulkas di dalam tempat tertutup untuk dapat digunakan kembali besok.

5. Jeruk Lemon

Selain menggunakan jeruk nipis, cara memutihkan kulit tubuh secara alami juga bisa didapatkan dari jeruk lemon. Perawatan kulit menggunakan jeruk lemon  juga dapat dilakukan dengan pencampuran bahan alami yang lain seperti madu. Buatlah campuran satu sendok teh madu dengan satu sendok teh air lemon atau campuran tersebut dapat disesuaikan dengan jumlah campuran yang dibutuhkan. Setelah tercampur rata, oleskan di kulit dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Madu juga memiliki khasiat yang baik untuk melembabkan kulit. Sedangkan lemon bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga sel kulit lebih cepat beregenerasi.

6. Beras

Beras adalah salah satu bahan pokok yang hampir semua orang pasti memilikinya. Jadi, cara memutihkan kulit tubuh secara alami dengan menggunakan beras tentu akan jauh lebih mudah dan hemat. Beras dapat ditumbuk sampai halus kemudian dicampur dengan perasan air jeruk nipis. Komposisi kedua bahan tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan, yang terpenting hasilnya menjadi kental. Dengan begitu, campuran akan mudah diratakan di atas permukaan kulit. Setelah itu, tunggu sampai kering kurang lebih 15 menit. Bahkan, campuran tersebut dapat dijadikan sebagai lulur mandi agar kulit terasa lebih segar. Semua cara perawatan kulit alami tersebut dapat Anda sesuaikan dengan tekstur dan tipe kulit Anda. Yang terpenting adalah kebersihan kulit sebelum menggunakan masker apapun karena jika kulit tidak dalam keadaan bersih, maka perawatan tersebut akan sia-sia karena prosesnya terhambat oleh kotoran yang masih menempel di pori-pori kulit.

Simak juga : Cara Membuat Lulur

Itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk memutihkan kulit. Semoga apa yang dibahas pada artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Previous
Next Post »