Friday, August 7, 2015

Berbagai Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Wajah  merupakan hal yang pertama kali dilihat oleh semua orang. Ya, siapa yang tidak pernah mendengar kalimat “dari mata turun ke hati”? Oleh sebab itu, tidak heran jika saat ini banyak sekali orang-orang yang sangat mementingkan kecantikan kulit dan wajah mereka. Mereka melakukan berbagai perawatan wajah dari yang hanya menggunakan bahan alami, produk-produk kecantikan dari berbagai merk terkenal hingga rela mengeluarkan biaya yang tak sedikit untuk menggunakan jasa dokter kecantikan. Salah satu masalah yang sering timbul adalah jerawat. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus mengetahui cara mengatasi wajah berminyak. Selain itu, kecantikan haruslah seimbang dengan kesehatan kulit wajah. Karena itu, saat melakukan berbagai perawatan kecantikan, jangan pernah lupa untuk selalu menjaga kesehatan kulit wajah Anda.

Terdapat begitu banyak permasalahan kulit wajah yang sangat mengganggu khususnya bagi wanita. Salah satu kondisi wajah yang amat sangat merusak mood adalah kulit wajah berminyak. Akan menjadi hal yang sangat menyebalkan apabila Anda sedang melakukan rutinitas dengan kondisi wajah berminyak. Dengan begitu, Anda harus lebih sering mencuci muka atau membawa kertas penyerap minyak ke manapun Anda pergi. Menyebalkan, bukan? Jika Anda bingung bagaimana cara mengatasi wajah berminyak, sebaiknya Anda mengikuti cara-cara berikut ini. Namun, sebelum Anda mengetahui caranya, pertama-tama Anda harus memahami terlebih dahulu penyebab timbulnya minyak pada kulit wajah.

Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Penyebab Wajah Berminyak

Ketika kulit wajah berminyak, kulit akan menjadi kusam dan memicu munculnya jerawat serta komedo. Hal seperti ini cenderung menyebabkan setiap wanita kurang percaya diri dan mencari cara mengatasi wajah berminyak. Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab kadar minyak pada kulit wajah seseorang meningkat, di antaranya adalah:

1. Pola  Makan

Pola makan yang tidak sehat dapat memberikan dampak negatif bagi kulit wajah. Jika Anda ingin menjaga kesehatan kulit wajah, hindari rokok atau alkohol dan perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayur-sayuran segar yang kaya akan vitamin dan nutrisi. Kemudian, mengonsumsi makanan yang mengandung minyak, santan dan juga lemak bisa menjadi penyebab utama meningkatnya kadar minyak pada kulit wajah. Inilah pemicu tumbuhnya komedo membandel di wajah Anda. Menjaga pola makan dan memperbaiki kebiasaan hidup adalah cara mengatasi wajah berminyak yang paling efektif

2. Make Up

Penggunaan make up yang sembarangan dan tidak cocok pada tekstur kulit wajah akan menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif dan akhirnya akan merusak pori-pori wajah. Terlebih lagi banyak sekali produk kosmetik zaman sekarang yang mengandung zat kimia yang belum teruji klinis.

3. Pola Hidup

Pola hidup yang tidak sehat dapat menjadi salah satu penyebab kulit wajah berminyak. Contohnya, jika Anda malas atau jarang berolahraga dan sering bergadang, maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap kesehatan kulit wajah. Selain itu, jangan malas untuk membersihkan wajah karena kuman yang menumpuk akan menyebabkan kulit wajah berminyak.

4. Faktor Genetik

Jika dalam keluarga bukan hanya Anda yang mengalami permasalahan kulit wajah berminyak, bisa jadi masalah ini timbul karena faktor genetik atau bawaan. Jika Anda menghadapi ini, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan cara mengatasi wajah berminyak terbaik sesuai dengan penyebabnya.

5. Bakteri dan Kuman

Bakteri dan kuman yang terdapat pada kulit wajah dikenal dengan p-acne. Bakteri dan kuman tersebut biasanya disebabkan oleh polusi udara, asap dan debu yang menempel pada wajah. Jika Anda tidak membersihkan wajah secara teratur, ini akan memicu kuman untuk berkembang sehingga akan menyebabkan wajah menjadi lengket dan berminyak.

6. Produk Kecantikan yang Salah

Inilah pentingnya memahami jenis kulit Anda karena jika salah memilih produk, bukan tidak mungkin ini justru akan menimbulkan masalah pada kulit wajah. Untuk kulit berminyak, Anda sebaiknya memilih produk pembersih wajah yang mengandung lemon atau jeruk nipis. Ini akan membantu mengurangi produksi minyak pada jaringan kulit.

Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Ada berbagai bahan efektif yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi wajah berminyak, di antaranya adalah:

1. Campuran Putih Telur dan Madu

Masker alami yang terbuat dari putih telur dan madu memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan kulit wajah, salah satunya adalah mengatasi wajah berminyak. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan putih telur dan satu sendok makan madu dalam satu wadah, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, oleskan masker tersebut secara merata pada wajah. Diamkan selama 25 menit kemudian cuci wajah dengan air dingin. Lakukan ini secara teratur sebelum tidur.

2. Kertas Minyak Khusus Wajah

Penggunaan kertas minyak dapat menghilangkan minyak yang berlebih pada wajah tanpa menjadikan kulit Anda kering. Anda dapat membeli kertas minyak di toko-toko kecantikan terdekat. Cara mengaplikasikannya sangat mudah, yaitu ambil sehelai kertas minyak, kemudian usapkan secara merata pada bagian kulit wajah yang berminyak selama 25 detik.

3. Obat-obatan Dari Dokter Spesialis

Mendapatkan penanganan dari ahli kesehatan kulit merupakan hal yang tepat. Biasanya ada treatment khusus untuk perawatan kulit wajah berminyak. Selain itu, untuk hasil yang maksimal, Anda juga akan diberi obat-obatan yang mengandung asam salisilat dan asam glikoat untuk mengurangi minyak berlebih pada  kulit wajah. Cara mengatasi wajah berminyak yang dilakukan oleh dokter spesialis biasanya lebih teratur dan kompleks.

4. Facial Wash

Hal yang paling mudah dan efektif yang dapat Anda lakukan sebagai salah satu cara mengatasi  wajah berminyak adalah dengan membersihkan wajah Anda setidaknya dua kali sehari dengan menggunakan facial wash. Pilihlah facial wash yang mengandung asam salisilat, glikoat dan beta-hidroksi. Biasanya bahan tersebut terdapat pada produk facial wash bagi kulit berjerawat. Tak masalah jika Anda memakai produk tersebut karena pada dasarnya jerawat disebabkan oleh kulit wajah yang berminyak. Bersihkan kulit wajah Anda secara teratur dan gunakan air hangat serta handuk yang lembut setelah mencuci wajah.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi kulit wajah berminyak. Setelah paham mengenai penyebab dan cara mengatasinya, maka akan lebih lengkap jika Anda mengetahui cara pencegahannya agar kulit wajah terhindar dan terlindungi dari berbagai masalah yang terkait dengan produksi minyak berlebih. Berikut adalah penjelasannya.

Cara Mencegah Wajah Berminyak

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kulit wajah berminyak seperti di antaranya adalah memperbaiki pola tidur dan makan Anda. Tinggalkanlah junk food karena ini mengandung banyak zat berbahaya bagi tubuh. Perbanyak minum air putih dan jangan lupa untuk mengatur jam tidur Anda. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, jika Anda berkendara dengan kendaraan bermotor, sebaiknya gunakan masker untuk melindungi kulit wajah dari polusi udara dan radikal bebas di lingkungan sekitar. Hentikan pemakaian kosmetik yang mengandung bahan kimia yang dapat merusak kulit.

Sekian penjelasan mengenai cara mengatasi wajah berminyak, semoga dapat membantu Anda yang sedang bingung dengan masalah kulit berminyak. Selamat mencoba.