Wednesday, August 12, 2015

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Minyak zaitun atau olive oil merupakan jenis minyak yang bisa didapatkan dari buah zaitun yang dalam bahasa latin disebut dengan Olea europaea. Meskipun disebut dengan minyak, namun ternyata cukup banyak efek minyak dari zaitun ini untuk kesehatan dan kecantikan. Berbeda dengan minyak pada umumnya yang biasanya tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena bisa menimbulkan penumpukan lemak. Bahkan buah zaitun sendiri juga sangat aman untuk dikonsumsi secara langsung. Pasalnya kandungan minyak pada zaitun ini adalah minyak yang sehat dan mengandung lemak tak jenuh dalam jumlah yang tinggi. Bahkan di era yang sudah modern ini, semakin banyak peneliti yang mengembangkan zaitun sebagai obat herbal yang banyak manfaatnya.

Lalu apa saja manfaat minyak zaitun? Apa saja dampaknya bagi kesehatan apabila buahnya dikonsumsi secara langsung? Secara umum minyak yang berasal dari zaitun ini bisa dimanfaatkan untuk kecantikan dan untuk kesehatan tubuh. Tumbuhan khas daerah Mediterania ini memang menjadi salah satu tanaman kaya manfaat. Bahkan selain tingginya yang bisa mencapai 50 meter, pohon zaitun usianya juga bisa lebih dari 500 tahun. Perlu Anda ketahui, bahwa minyak dari zaitun ini didapatkan langsung setelah diperas dari buahnya. Jadi berbeda dengan minyak kelapa sawit atau jenis minyak lainnya. Dan berikut ini adalah beberapa contoh manfaat zaitun untuk kesehatan.

1. Kesehatan Jantung

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Jadi bagi Anda yang ingin jantungnya tetap sehat, konsumsilah lemak tak jenuh dan hindari konsumsi lemak jenuh. Lemak tak jenuh yang terkandung dalam zaitun dipercaya bisa membantu mengontrol kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Selain itu jumlah kolesterol baik pun akan meningkat, Itu dia yang membuat buah zaitun cukup efektif untuk menjaga kesehatan jantung.

2. Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia selain penyakit jantung. Oleh karena itu semua orang pasti tidak ingin terkena penyakit yang satu ini. Minyak zaitun sendiri merupakan salah satu sumber antioksidan yang cukup tinggi ketimbang berbagai jenis buah lainnya. Di mana antioksidan sendiri sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan risiko terkena kanker. Di dalam buah zaitun terdapat senyawa yang bernama hidroksitirosol, senyawa yang baik untuk membantu menyeimbangkan kadar gula di dalam tubuh. Itulah yang bisa mencegah berbagai macam penyebab kanker.

3. Mencegah Diabetes

Diabetes atau yang juga disebut dengan penyakit kencing manis mungkin tidak akan menunjukkan gejala yang signifikan di awal-awal penyakitnya. Namun lama kelamaan penyakit ini akan menjadi ganas dan sangat berbahaya untuk kesehatan. Bahkan dampaknya bisa sampai menimbulkan kematian. Mengerikan sekali, bukan? Oleh karena itu sudah sepatutnya Anda selalu mengontrol kadar gula di dalam tubuh Anda. Salah satunya bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi minyak dari buah zaitun. Di mana manfaat minyak zaitun bisa menurunkan kadar gula darah sehingga bisa mencegah diabetes militus.

4. Kesehatan Usus

Usus juga menjadi salah satu organ penting yang pada sistem pencernaan di dalam tubuh. Oleh karena itu Anda juga harus selalu menjaga kesehatan usus Anda dari berbagai macam penyakit. Buah zaitun sendiri ternyata memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus. Senyawa yang ada pada buah zaitun tersebut adalah Oleuropein Aglycone, di mana senyawa tersebut berperan untuk menjaga suplai darah ke usus. Selain menjaga suplai darah, Oleuropein Aglycone juga bisa mengurangi risiko terjadinya kerusakan jaringan usus.

5. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan salah satu penyebab berbagai macam penyakit yang bisa menggerogoti kesehatan tubuh Anda. Oleh karena itu setiap harinya tubuh membutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang cukup supaya terbebas dari serangan radikal bebas. Manfaat minyak zaitun juga bisa berkhasiat menangkal radikal bebas. Di mana zaitun mengandung antioksidan-polifenol yang bisa membantu tubuh mendetoksifikasi molekul yang tidak seimbang di dalam tubuh. Sehingga tubuh Anda bisa terhindar dari radikal bebas.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, minyak dari buah zaitun ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan kecantikan. Oleh karena itu saat ini di pasaran banyak tersedia produk-produk kecantikan yang menggunakan minyak zaitun sebagai bahan dasar pembuatannya. Ada beberapa manfaat buah zaitun untuk merawat kesehatan kulit, merawat wajah dan untuk merawat rambut. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak beberapa poin penting berikut ini.

1. Untuk Merawat Kulit

Selain bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh, zaitun juga bisa digunakan untuk merawat kulit. Mengingat kulit merupakan bagian terluar dari tubuh manusia, pastinya kulit berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan. Oleh karena itu sekarang ini banyak produk perawatan kulit yang menggunakan zaitun sebagai bahan dasarnya. Pasalnya zaitun bisa digunakan untuk merawat kulit supaya tidak kering, tidak kusam dan tidak cepat keriput. Untuk bisa mendapatkan manfaat zaitun secara maksimal, sebaiknya Anda menggunakan zaitun secara rutin sebelum mulai tidur. Hasilnya kulit akan terasa lebih segar, halus, lembut dan lebih kencang. Baca juga cara mengatasi kulit wajah yang kusam dan kering.

2. Untuk Merawat Wajah

Bagi Anda yang wajahnya sering berjerawat atau muncul komedo, mungkin itu karena wajah Anda sering berminyak. Salah satu manfaat minyak zaitun untuk kesehatan wajah adalah bisa mengatasi wajah yang berminyak. Anda bisa mencoba masker yang terbuat dari campuran minyak dari zaitun dan juga bubuk cendana. Tempelkan masker tersebut selama 15 menit di wajah Anda, kemudian basuh menggunakan air dingin. Setelah itu angkat dan bersihkan wajah Anda menggunakan tisu. Zaitun juga bisa membantu Anda mengangkat kotoran-kotoran membandel yang menempel di wajah. Biasanya hal ini terjadi pada orang yang sering berada di luar ruangan. Untuk bisa menghilangkan noda-noda di wajah, Anda bisa menggunakan zaitun setelah berada di bawah terik matahari. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan minyaknya ke permukaan wajah secara merata. Setelah lima menit, basuh wajah Anda menggunakan air hangat, kemudian dibasuh lagi dengan air dingin.

3. Untuk Merawat Rambut

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang lainnya adalah untuk perawatan rambut. Di mana Anda bisa mengombinasikan ekstrak zaitun dengan madu. Campuran bahan herbal tersebut dipercaya cukup efektif untuk mengembangkan rambut, memanjangkan rambut dan untuk merawat rambut supaya tidak rusak. Untuk cara penerapan minyak dari zaitun pada rambut, campurkan minyak dan madu lalu aduk secara merata. Jika sudah, gunakan campuran tersebut seperti saat Anda keramas. Diamkan selama 20 menit, lalu barulah Anda lanjutkan dengan keramas. Anda juga bisa mengoleskan minyaknya di kulit kepala Anda untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Seperti itulah manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan untuk kecantikan. Jadi ketimbang harus mengonsumsi dan menggunakan produk-produk kimia, zaitun bisa menjadi alternatif bahan herbal yang sehat dan kaya akan manfaat.