Cara Mengatasi Wajah Kusam dan Kering

Wajah merupakan salah satu mahkota wanita yang harus dijaga. Memiliki wajah cantik dan bersih dari noda apapun tentu saja menjadi impian para wanita. Anda harus menerapkan beberapa cara mengatasi wajah kusam agar kemulusan wajah selalu terjaga. Sebagai wanita, Anda tentu tidak menginginkan wajah Anda menjadi cepat kusam dan kering karena hal itu akan mengganggu daya tarik Anda. Bukan hal yang tidak mungkin jika suatu saat wajah Anda menjadi tidak terawat hanya karena Anda sibuk bekerja dan malas membersihkan wajah. Banyak penyebab yang dapat Anda hindari dalam rangka menjaga wajah agar tetap sehat dan juga segar. Intinya, jagalah selalu wajah Anda agar selalu bersih, terawat dan terjaga.

Cara Mengatasi Wajah Kusam dan Kering

Penyebab Wajah Kering dan Kusam

Seiring berjalannya waktu, setiap wanita pasti memiliki masalah terhadap wajahnya. Untuk mengantisipasi hal itu, maka Anda perlu mengetahui apa saja faktor-faktor penyebab yang dapat membuat wajah menjadi kering dan kusam. Terdapat banyak penyebab yang mendasari terjadinya kekusaman dan kekeringan pada kulit wajah. Tidak sedikit diantara penyebab-penyebab tersebut yang tidak Anda sadari sepenuhnya karena efeknya biasanya muncul dalam jangka panjang. Dengan mengetahui seluk-beluk penyebabnya, maka Anda akan mengetahui bagaimana cara mengatasi wajah kusam dan kering. Dibawah ini akan diuraikan tentang faktor-faktor penyebab kulit wajah menjadi kusam.

1. Keseimbangan Kadar Minyak Terganggu

Wajah yang kering ditandai dengan kulit wajah yang tidak berminyak. Kekeringan pada kulit wajah ini terjadi karena keseimbangan kadar minyak terganggu. Jika ini terjadi, kandungan lemak pada kulit menjadi berkurang, terutama untuk kulit wajah, sehingga mudah terjadi penuaan dini yang salah satunya ditAndai dengan wajah keriput, kering, dan terlihat kusam. Pastikan Anda sudah mengetahui bagaimana cara mengatasi wajah kering untuk mengatasi hal tersebut. Simak juga cara mengatasi wajah berminyak.

2. Cuaca Dingin

Cuaca atau udara yang dingin juga dapat menjadi salah satu penyebab wajah kering dan kusam. Pasalnya, cuaca dingin menyebabkan udara menjadi kering. Hal ini sudah pasti berdampak pada kadar kelembaban kulit yang semakin menurun. Jika kelembaban kulit menurun atau bahkan menghilang, maka kulit wajah akan menjadi pecah dan menjadikannya terlihat kusam. Selain itu biasanya kulit yang pecah-pecah akan menimbulkan iritasi berupa gatal dan ruam merah. Cara mengatasi wajah kusam dengan perawatan intensif dapat dilakukan agar iritasi pada kulit wajah bisa dicegah.

3. Kurangnya Asupan Cairan atau Dehidrasi

Kulit wajah yang kering juga bisa disebabkan oleh dehidrasi. Bagaimanapun juga, kulit wajah tetap harus diberikan asupan cairan yang cukup. Kurangnya asupan cairan ini bisa disebabkan oleh dehidrasi karena adanya penyakit, perawatan yang mengeringkan kulit (misalnya pemakaian pembersih wajah yang tidak cocok atau kulit yang terlalu sensitif), mandi dengan air yang terlalu dingin atau terlalu panas, tingginya suhu lingkungan yang menurunkan kelembaban kulit. Jika Anda memahami cara mengatasi wajah kusam dan kering dengan benar, dapat dipastikan kulit wajah Anda tetap terlihat segar dan awet muda.

4. Terlalu Banyak Aktivitas

Wanita pekerja keras biasanya memiliki kulit wajah yang jauh lebih kusam dibandingkan dengan mereka yang bukan pekerja keras. Hal itu terjadi karena wanita pekerja keras mempunyai berbagai kesibukan, sehingga melupakan cara merawat wajah yang baik. Wanita yang memiliki banyak aktivitas cenderung tidak peduli dengan efek yang terjadi pada wajahnya. Mereka hanya akan mencuci wajahnya dengan cara sederhana, tidak ada perlakuan khusus, seperti memakai sabun khusus wajah atau pelembab kulit. Selain membuat wajah menjadi lebih kusam dan kering, terlalu banyak aktivitas juga akan membuat wajah menjadi keriput karena terlalu banyak berpikir. Cara mengatasi wajah kusam karena penyebab ini bisa dilakukan dengan cara meminimalisir aktivitas, sehingga Anda memiliki lebih banyak waktu untuk sekedar membersihkan atau mengistirahatkan wajah.

Cara Mengatasi Wajah Kusam dan Kering Serta Pencegahannya

Bagi Anda para wanita yang menginginkan wajah mulus dan bersih, tidak ada salahnya untuk mengikuti beberapa cara mengatasi wajah kusam dan kering dibawah ini. Ada berbagai cara yang bisa Anda ikuti agar mendapatkan kulit wajah yang mulus dan bersih. Usahakan Anda melakukannya dengan rutin dan konsisten agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Pada dasarnya, jenis kulit wajah manusia memang berbeda-beda. Ada jenis kulit yang sangat sensitif, sehingga tidak bisa dirawat dengan cara yang sembarangan. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis kulit wajah apakah yang Anda miliki, agar tidak terjadi iritasi atau pun penyakit kulit lainnya.

1. Mengonsumsi Air Putih

Perbanyak mengonsumsi air putih dapat menjaga kelembaban. Cara mengatasi wajah kering yang satu ini tergolong mudah dan sederhana. Anda harus bisa mengontrol konsumsi air putih agar kulit wajah tidak mengalami dehidrasi. Selain mengontrol konsumsi air putih, Anda juga harus mengatur nilai asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Apakah asupan nutrisi tersebut sudah seimbang atau belum. Jika belum seimbang, maka bukan hanya kulit wajah saja yang merasakan pengaruhnya, tapi anggota-anggota tubuh yang lainnya juga dapat merasakan efeknya terkait dengan kesehatan dan kebugaran tubuh.

Mengonsumsi Air Putih yang Cukup Dapat Mengatasi Wajah Kering

2. Mengonsumsi Buah dan Makanan yang Mengandung Vitamin A, C dan E

Cara mengatasi wajah kering yang berikutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi buah yang mengandung vitamin A dan vitamin C serta makanan yang mengandung vitamin E. Ketiga jenis vitamin ini sangat berperan penting bagi kulit karena dapat menjaga kelembaban serta memperbaiki elastisitas kulit. Vitamin E sangat berperan dalam memperlambat penuaan dini dan keriput pada wajah. Asupan lemak yang cukup juga diperlukan, terutama asam lemak omega. Keunggulan asam lemak omega adalah adanya sifat anti inflamasi yang dapat menjaga kelembaban kulit dengan baik. Asam lemak omega merupakan lemak baik yang memang diperlukan oleh tubuh. Selain itu, mengonsumsi mineral beta karoten secara cukup juga dapat berpengaruh pada kesehatan kulit wajah karena beta karoten mengandung antioksidan yang berfungsi untuk mempercepat proses regenerasi kulit.

3. Pilih Sabun atau Pelembab Wajah yang Cocok

Seiring berjalannya waktu, banyak orang-orang kreatif yang mampu menciptakan produk inovasi, diantaranya adalah produk sabun khusus dan pelembab wajah. Untuk Anda yang memiliki kulit wajah sensitif, sebaiknya hindari menggonta-ganti sabun atau pelembab wajah sebab ini dapat memicu iritasi. Selain itu, pilihlah sabun atau pelembab wajah yang cocok dengan jenis kulit Anda. Memakai sabun atau pelembab wajah akan membantu Anda untuk mendapatkan kelembaban kulit yang baik.

Sabun atau Pelembab Wajah

4. Olahraga Secara Teratur

Olahraga secara teratur juga bisa membuat wajah menjadi lebih cerah karena dengan olahraga, sel-sel kulit mati dan kotoran pada wajah akan keluar dari pori-pori kulit bersama dengan keringat. Hal ini membuat wajah Anda terlihat lebih sehat dan segar daripada sebelumnya.

Cara mengatasi wajah kusam dan kering yang sudah dijelaskan diatas sangat dianjurkan untuk Anda yang menginginkan kecantikan yang sempurna.
Previous
Next Post »