Tuesday, December 23, 2014

Solusi Alami untuk Sakit Kepala

solusi alami untuk sakit kepala
Sakit kepala adalah salah satu penyakit yang sering dialami oleh semua jenis usia. Sakit kepala tidak mengenal batas usia, tua, muda, remaja, bahkan anak-anak pun bisa mengalami sakit kepala. Karena banyaknya orang yang mudah terkena sakit kepala, tidak heran banyak sekali obat-obatan yang beredar untuk meringankan sakit kepala. Meringankan? Ya, bukan menyembuhkan. Mengapa demikian? Sakit kepala tidak bisa dihilangkan, sakit kepala hanya bisa diredakan, karena suatu saat sakit kepala bisa datang lagi. Coba saja perhatikan, obat untuk mengatasi sakit kepala akan menggunakan tagline “meredakan sakit kepala” bukan “menghilangkan sakit kepala”. Banyak obat-obatan yang beredar membuat kita bingung untuk memilih salah satu diantaranya saat mengalami sakit kepala. Tentunya kita tidak bisa mencoba semua obat karena obat itu sendiri bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh jika diminum terlalu banyak atau terus menerus. Salah satu cara yang bijaksana untuk meredakan sakit kepala adalah dengan cara alami.

Bagaimana solusi alami untuk sakit kepala yang cocok untuk semua usia? Simak tipsnya dibawah ini.
Sakit kepala bisa terjadi dan juga bisa diatasi berdasarkan penyebabnya. Mari kita kenali penyebab sakit kepala terlebih dahulu agar dapat menentukan apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi sakit kepala tersebut. Berikut adalah penyebab sakit kepala:

1.    Paparan sinar matahari langsung dalam waktu yang lama
2.    Bau yang menyengat
3.    Latihan fisik yang berlebihan
4.    Aktivitas seks diluar batas
5.    Mengikat rambut terlalu kencang
6.    Minuman beralkohol
7.    Telat makan
8.    Masalah ekonomi
9.    Nikotin dari asap rokok yang terhisap
10.    Minum kopi berlebihan.
11.    Kekurangan vitamin B2, D dan magnesium.
12.    Terlalu lelah bekerja
13.    Kurang tidur
14.    Radiasi Handphone
15.    Infeksi pada hidung, kerongkongan dan telinga.
16.    Luka di kepala
17.    Penyakit mata dan mata lelah

Dari beberapa penyebab sakit kepala diatas, kita dapat mencoba meredakan sakit kepala dengan cara alami. Berikut adalah solusi alami untuk sakit kepala yang mungkin sedang Anda alami

1. Tidur

Tidur adalah salah satu solusi alami untuk sakit kepala yang paling ampuh. Biasanya sakit kepala terjadi karena otak terlalu banyak bekerja atau stress. Biarkan diri Anda relaks sejenak dengan tidur, dengan begitu syaraf di kepala Anda akan lebih relaks. Setelah bangun tidur Anda akan merasa lebih segar. Selain itu, biasakan untuk tidur cukup agar terhindar dari sakit kepala.

2. Minum air putih

Air putih sangat baik bagi tubuh dan salah satu solusi alami untuk sakit kepala. Meminum cukup air putih dapat membantu mengeluarkan zat negatif dari tubuh melalui keringat dan air seni. Bagi yang mengalami sakit kepala, sangat disarankan untuk meminum air putih karena salah satu penyebab sakit kepala adalah dehidrasi.

3. Teh

Teh sangat bagus untuk relaksasi dan menjadi salah satu solusi alami untuk sakit kepala. Zat yang terdapat dalam teh akan membantu peminumnya menjadi lebih relaks. Salah satu penyebab sakit kepala adalah urat-urat di sekitar kepala yang menegang karena stress. Dengan secangkir teh hangat, anda akan terbantu untuk lebih relaks dan nyaman.

Untuk meredakan sakit kepala, sebaiknya dilakukan secara alami terlebih dahulu. Solusi alami untuk sakit kepala yang sudah dipaparkan diatas bisa anda coba terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan penangan medis atau meminum obat-obatan pereda sakit kepala. Jika sakit kepala tetap terasa setelah Anda mencoba solusi alami untuk sakit kepala diatas, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter Anda untuk langkah selanjutnya.


Baca juga artikel sebelumnya bagaimana mendapatkan kulit yang bersih