Sarapan yang Bagus untuk Mengurangi Berat Badan

Sarapan yang Bagus untuk Mengurangi Berat Badan
Sarapan. Ya, makan pagi yang kadang terlewatkan. Bagi sebagian orang sarapan adalah keharusan. Jika belum makan pagi, aktifitas yang dilakukan akan terasa kurang maksimal entah karena kondisi badan yang lemas, tidak bertenaga, mudah lelah, atau mungkin kurang fokus. Tetapi ada juga orang yang terbiasa tidak makan pagi dengan alasan tertentu, sebaai contoh, terlalu sibuk, tidak terbiasa makan pagi, atau sedang diet. Apapun alasannya, sangat baik bagi tubuh untuk menerima asupan nutrisi sebelum memulai aktifitas. Tetapi, mungkin ada sebagian dari Anda yang tidak makan pagi karena sedang mencoba mengurangi berat badan. Ini adalah 3 makanan pagi untuk menurunkan berat badan bagi Anda yang sedang diet

1. Telur

Telur bisa menjadi salah satu pilihan yang bagus untuk menu sarapan. Daripada makan makanan cepat saji untuk sarapan, Anda bisa menggantinya dengan telur. Selain sangat bernutrisi, penyajiannya pun sangat cepat untuk Anda yang super sibuk. Bagi yang ingin menurunkan berat badan, sarapan dengan telur bisa menjadi pilihan yang bagus. Telur bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, karena itu mungkin Anda bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan ngemil sebelum makan siang. Kebiasaan ngemil inilah yang menjadi salah satu penyebab kegemukan

2. Buah-buahan

Buah-buahan cocok sebagai menu sarapan yang simple, sehat, dan bernutrisi. Bila Anda tidak memiliki banyak waktu untuk menikmati sarapan karena tingginya kesibukan, Anda bisa memilih buah sebagai menu sarapan sehat Anda. Selain sebagai menu sarapan yang sehat, buah juga menjadi salah satu menu sarapan bagi Anda yang sedang menjalani diet. Salah satu buah yang palig banyak disukai untuk menu sarapan adalah apel. Apel adalah sumber serat dan antioksidan. Bahkan beberapa jenis serat ditemukan dalam apel dan akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain apel, pisang juga dapat menjadi menu favorit Anda, nutrisi yang terkandung dalam pisang juga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain dua buah tersebut, Buah pepaya juga bagus untuk pelengkap sarapan pagi Anda, karena selain bisa membersihkannya dari segala bahan tak sehat dan racun, pepaya juga dapat menjadi salah satu buah detoks untuk memperlancar pencernaan Anda. Akan tetapi buah pepaya tergolong ‘buah yang panas’ jadi disarankan bagi Anda yang memiliki panas tubuh cukup tinggi agar tidak terlalu banyak dalam mengonsumsi buah tersebut. Bagi wanita yang sedang hamil, sebaiknya menghindari mengkonsumsi buah pepaya agar terhindar dari keguguran.

3. Oatmeal

Semangkuk penuh bubur oatmeal mampu membuat Anda merasa kenyang sampai jam makan siang tiba. Karena terbuat dari biji gandum utuh, oatmeal melepas energi secara perlahan dan mampu menyimpan cadangan energi lebih lama dalam tubuh. Ditambah lagi, setengah cangkir oat hanya mengandung 150 kalori, memenuhi 15 persen asupan serat dan 10 persen zat besi dari kebutuhan gizi harian Anda. Anda bisa menambahkan beberapa buah segar sebagai topping, seperti stroberi, raspberry, aprikot atau peach. Hindari topping yang banyak kandungan gula.

Intinya, walaupun Anda sedang mencoba untuk menurunkan berat badan, Anda harus tetap sarapan untuk menunjang aktifitas. Tidak sarapan bahkan akan membuat Anda lebih lapar pada saat makan siang. Untuk diet sehat, tidak diukur dari seberapa seringnya Anda mengurangi porsi makan, tetapi lebih kepada memberikan tubuh Anda makanan sehat serta mengatur pola makan Anda.


Baca juga artikel sebelumnya air infus - trend baru gaya hidup sehat

Previous
Next Post »