Detoks dengan Buah-buahan

Detoks dengan Buah-buahan
Detoks dengan Buah-buahan | Detoksifikasi atau biasa disebut dengan detoks adalah proses pengeluaran racun dari dalam tubuh. Pentingnya detoksifikasi ini banyak dirasakan oleh  orang yang semakin paham pentingnya kesehatan tubuh. Oleh karena itulah sekarang banyak digemari diet detoks. Apa itu diet detoks? Diet detoks adalah cara untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, salah satu contohnya adalah dengan mengkonsumsi hanya beberapa jenis makanan yang belum diolah dan minum banyak air. Mudah bukan? Diet detoks ini sangat baik apalagi bagi orang yang memiliki tingkat kesibukan yang tinggi.

Dalam aktifitas yang sangat sibuk, kita mungkin lupa dengan kesehatan tubuh kita apalagi saat kita sedang stress. Disaat stress, kita mungkin jatuh pada kebiasaan buruk seperti merokok, makan junk food, kurang olahraga, kurang tidur dan minum-minuman beralkohol. Menerapkan kebiasaan buruk dalam waktu singkat saja akan membuat tubuh menjadi rusak, apalagi jika dilakukan dalam waktu lama. Untuk itulah kita perlu melakukan detoksifikasi pada tubuh kita. Salah satu makanan yang bagus untuk detoksifikasi adalah buah-buahan. Buah-buahan yang bagus untuk detoksifikasi beberapa diantaranya adalah:

1. Jeruk

Buah jeruk mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang mampu mencegah tubuh dari radikal bebas serta membantu memperlambat terjadinya penuaan dini. Selain itu antioksidan juga berkhasiat mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan kanker. Masukan beberapa potongan jeruk yang sudah dicuci bersih pada air hangat atau air dingin dan biarkan saripatinya keluar dan merata pada air tersebut.

2. Anggur

Buah anggur terkenal mampu mengatasi masalah ginjal, hati, kulit dan system pencernaan. Buah nggur juga bagus untuk detoks. Jenis anggur yang paling baik adalah anggur putih dan merah. Belah anggur menjadi dua bagian lalu masukan kedalam air. Ekstrak buah anggur tersebut akan tercampur pada air yang digunakan.

3. Apel

Apel mengandung asam malat dan tartaric yang befungsi meningkatkan kerja system pencernaan dan memberishkan hati. Irisan apel yang dimasukan kedalam segelas air sangat baik untuk diet detoks.

4. Lemon

Lemon terkenal sangat bagus untuk mengurangi resiko flu dan infeksi serta meningkatkan kekbalan tubuh. Salah satu contohnya adalah banyak yang menggunakan air hangat dengan rendaman atau perasaan lemon pada saat flu.

5. Mangga

Manga adalah buat yang memiliki serat dan kaya akan gula alami. Mengkonsumsi jus manga untuk proses detoks selain dapat menyegarkan, tentu juga enak.

6. Belimbing

Belimbing berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan darah tinggi. Selain mempunyai serat yang halus serta rasa yang manis, belimbing mempunyai khasiat menghilangkan rematik dan asam urat.

7. Melon

Melon kaya akan vitamin A, B kompleks, C, serta mineral kalium dan magnesium. Selain itu, melon dapat membersihkan sistem sirkulasi darah dari aneka racun. Kadar air dan kandungan gula alami yang tinggi dalam melon membuat buah ini sebagai pilihan yang tepat untuk mencegah dehidrasi serta mencukupi kebutuhan tubuh akan gula.

8. Kiwi

Kiwi adalah buah yang memilii banyak khasiat, diantaranya adalah mengelola tekanan darah, melindungi dari kerusakan DNA, meningkatkan kesehatan pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh dan menghilangkan racun dari dalam tubuh.

9. Strawberry

Selain bentuk dan warna yang cantik, strawberry memiliki khasiat yang banyak, diantaranya sebagai anti kanker, menghilangkan jerawat, menjaga kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan tulang dan jantung serta menurunkan kolesterol.

Beberapa buah yang bagus untuk dipakai dalam proses detoksifikasi tentunya mudah ditemukan. Jadi Anda tidak perlu lagu untuk memulai detoksifikasi untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh Anda sekarang juga.


Baca juga artikel sebelumnya olahraga simple yang dapat membakar lemak

Previous
Next Post »