Sunday, January 18, 2015

Cara Menghilangkan Komedo secara Alami

Cara Menghilangkan Komedo secara Alami | Komedo, bintik kecil berisi kotoran yang sering terdapat pada hidung, sekitar mulut dan area wajah lainnya ini terkadang mengganggu penampilan kita. Malah terkadang komedo timbul hampir di seluruh area hidung dan memiliki bentuk yang besar-besar dan membuat komedo tersebut timbul ke permukaan kulit. Akibatnya, permukaan kulit yang berkomedo akan menjadi kasar. Mengatasi komedo yang membandel memang sulit dibersihkan karena bentuknya yang kecil dan susah dicabuti dengan pinset. Untuk itu, kita akan gunakan perawatan alami untuk menghilangkan komedo. Bagaimana cara menghilangkan komedo secara alami ? Simak tipsnya berikut ini.


Cara Menghilangkan Komedo secara Alami


Untuk menghilangkan komedo secara alami, kita akan menggunakan bahan-bahan yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan komedo seperti putih telur, jeruk lemon, dan lidah buaya. Nah, berikut adalah cara pengkaplikasian bahan tersebut menjadi senjata menghilangkan komedo.

1. Putih Telur

Putih telur adalah salah satu senjata yang paling ampuh untuk menghilangkan komedo. Cara menghilangkan komedo secara alami dengan menggunakan putih telur sangat mudah dilakukan, kita hanya perlu menambahkan tissue atau kapas. Berikut cara lengkapnya.

  • Pecahkan satu buah telur, pisahkan kuning dan putih telurnya
  • Kocok putih telur tadi hingga berbusa
  • Oleskan putih telur yang sudah dikocok tadi secara merata pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya.
  • Tempelkan kapas pada seluruh permukaan wajah yang telah diolesi putih telur
  • Biarkan 10-20 menit hingga mengering

Setelah 10-20 menit putih telur dan kapas yang dioleskan pada wajah akan terasa mengencang di kulit wajah. Setelah putih telur tadi mengencang coba tarik kapas tadi dan Anda bisa lihat seberapa banyak komedo yang terangkat dan menempel di kapas tadi. Putih telur dan kapas tadi selain juga bisa menghilangkan komedo, juga dapat menjadi masker yang dapat mengencangkan kulit wajah.

2. Lidah Buaya

Untuk menghilangkan komedo, kita juga bisa menggunakan lidah buaya. Lidah buaya ini selain juga bagus untuk perawatan rambut, dibuat menjadi minuman, ataupun masker wajah, ternyata lidah buaya juga bisa dipakai untuk menghilangkan komedo. Berikut cara pengaplikasiannya.

  • Ambil satu buah lidah buaya 
  • Belah lidah buaya yang sudah dibersihkan menjadi dua bagian sampai lendir dari lidah buaya tadi keluar.
  • Oleskan lidah buaya tadi pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya
  • Biarkan lendir lidah buaya tadi hingga mengering selama 15-20 menit

Saat pengaplikasian lidah buaya mungkin kulit akan terasa sedikit gatal bagi yang belum terbiasa. Rasa gatal akibat lidah buaya tersebut normal terjadi. Selain dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe, lidah buaya juga dapat menghaluskan kulit.

3. Jeruk Lemon

Lemon sangat baik untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan komedo. Air lemon akan membantu kulit menjadi lebih bersih dan mengangkat komedo yang terdapat pada hidung dan wajah. Berikut cara lengkap penggunaannya.

  • Ambil satu buah lemon dan potong menjadi beberapa bagian
  • Oleskan lemon tadi ke seluruh bagian wajah yang sudah dibersihkan dengan air
  • Pijat wajah dengan lemon terutama pada bagian yang berkomedo dengan gerakan memutar
  • Diamkan 10-15 menit hingga mengering

Lemon yang diaplikasikan pada wajah bisa menjadi toner alami yang dapat menghalau kulit dari kotoran, jerawat ataupun komedo. Gunakan lemon secara teratur untuk menghilangkan komedo minimal seminggu dua kali.

Itulah bahan alami yang kita bisa gunakan dalam cara menghilangkan komedo secara alami. Bahan tersebut dapat dengan kita temukan dalam keseharian kita dan dapat dimanfaatkan untuk perawatan alami. Masih banyak lagi bahan alami yang dapat kita gunakan untuk menghilangkan komedo pada wajah di artikel-artikel berikutnya.


Baca juga artikel sebelumnya cara menghilangkan jerawat secara alami