Wednesday, June 6, 2018

15 Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan - Binahong yang biasa disebut Deng San Chi oleh penduduk Tiongkok sudah ratusan tahun lalu digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan penyakit baik ringan ataupun berat. Selain itu, binahong juga dikonsumsi oleh masyarakat Vietnam, Korea, dan belakangan ini Indonesia.

Tanaman yang konon berasal dari negara Korea ini, sebenarnya sudah lama ada di Indonesia. Namun, banyak dari kita yang belum mengetahui rupa dari tanaman obat ini. Binahong termasuk jenis tanaman rambat yang tidak berbunga. Memiliki tangkai yang cukup pendek serta daun berbetuk love dengan ujung yang agak runcing. Tanaman ini bisa tumbuh di dataran rendah atau tinggi.

Bagian tanaman yang bisa dijadikan obat alami, yaitu daunnya. Daun binahong mengandung asam askorbat, L-arabinosa, L-rhamnose, polifenol, saponin, alkaloid, protein, asam oleanolic, antioksidan,  mono polisakarida, D-Glukosa, D-galaktose dan senyawa lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Nah, untuk mengetahui manfaat daun binahong Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui


Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan


1.  Mengobati Luka Luar

Bila ada bagian tubuh yang terluka, seperti jari tangan yang teriris pisau. Luka tersebut bisa diobati dengan daun binahong. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menumbuk daun ini sampai halus, lalu oleskan pada jari tangan yang terluka.

2.  Mengobati Kanker

Daun binahong bisa digunakan sebagai bahan atau alternatif untuk menyembuhkan kanker. Senyawa antioksidan dan kandungan baik lainnya yang terkandung di dalam daun ini mampu memerangi kanker. Cara meramunya sebagai berikut:

  • Masukan daun binahong sebanyak 15 gram dan ½ liter air kedalam panci.
  • Lalu, rebus hingga mendidih sampai airnya berkurang.

Anda bisa meminum ramuan ini sebanyak 3x sehari.

3.  Mengobati Penyakit Maag

Penyakit maag umumnya diderita oleh kaum hawa, karena mayoritas wanita sangat suka dengan makanan yang pedas. Inilah salah satu faktor penyebab penyakit ini.

Kabar baiknya daun binahong bisa dijadikan sebagai herbal untuk menyembuhkan maag. Caranya dengan merebus 7 lembar daun ini dengan 3 gelas air hingga mendidih dan airnya berkurang. Lalu, minum 3x sehari.

4.  Melancarkan Haid

Haid yang tidak lancar atau tidak teratur bisa berdampak pada tingkat kesuburan wanita. Hal ini tentu bahaya, bisa-bisa memupuskan mimpi Anda dan suami untuk memiliki momongan.

Agar haid tetap lancar, Anda bisa minum air rebusan dari daun binahong. Cara membuatnya, rebus 6 daun binahong dengan 4 gelas air hingga mendidih dan berkurang airnya, kira-kira sampai ukuran 2 gelas air. Lalu, minum 2x sehari.

5.  Mengatasi Jerawat

Jerawat kerapkali tumbuh di bagian wajah, seperti di hidung, pipi atau jidat. Selain mengganggu penampilan, jerawat juga sakit apabila tersentuh. Untuk mengatasi jerawat, Anda bisa memanfaatkan 5 lembar daun binahong, tumbuk hingga halus, lalu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Untuk jumlah daun binahong silahkan sesuaikan dengan kebutuhan.

6.  Mengobati Asam Urat

Asam urat adalah kondisi dimana di dalam tubuh tedapat zat purin yang berlebih. Zat ini berasal dari makanan dan minuman seperti jeroan, kaldu, telur dan lainnya. Untuk menyembuhkan asam urat Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun binahong sebanyak 3x dalam sehari.

Cara membuat:

  • Rebus daun binahong sebanyak 20 lembar dengan 8 gelas air hingga mendidih.
  • Tunggu hingga airnya berkurang, kira-kira air yang berada di dalam panci 3 gelas saja.

7.  Mencegah Diabetes

Daun binahong juga dipercaya memiliki khasiat untuk mencegah penyakit diabetes. Dalam hal ini polifenol berperan untuk menghambat penyerapan glukosa dalam usus, sehingga kadar gula darah Anda jadi lebih terkendali. Selain mencegah, kandungan baik lainnya di dalam daun ini juga bisa menyembuhkan diabetes.
8.  Menambah Daya Tahan Tubuh
9.  Mengatasi Sesak Nafas
10.  Menurunkan Kadar Kolesterol
11.  Mengatasi Sariawan
12.  Sebagai Obat Wasir atau Aambeien
13.  Sebagai Obat Sembelit
14.  Sebagai Obat Gatal-galal
15.  Mencegah Stroke

Setelah Anda mengetahui manfaat daun binahong untuk kesehatan, tidak ada salahnya menanam tanaman ini di pekarangan rumah Anda. Yang mana tanaman ini bisa Anda jadikan sebagai apotik hidup.