Wednesday, June 6, 2018

18 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan - Buah naga atau yang disebut dalam bahasa Inggris dragon fruit merupakan buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Selenicereus dan Hylocereus. Buah naga bukan buah asli Indonesia, akan tetapi berasal dari Meksiko, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Saat ini, buah naga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Tiongkok, Taiwan, Filipina dan Indonesia.

Ada fakta yang menarik dari buah ini, disamping kaya akan kandungan nutrisinya. Buah naga di Cina mapun Taiwan dianggap oleh orang-orang di negara tersebut sebagai buah pembawa berkah. Buah ini biasanya di letakan di antara dua patung naga di atas altar.

Sekarang Anda sudah mengetahui fakta menarik dari buah ini, selanjutnya akan dibahas mengenai kandungan nutrisi apa saja yang terdapat dalam buah naga yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan bagi orang yang mengonsumsinya.

Kandungan Nutrisi Buah Naga


  • Vitamin (C, B1, B2 dan B3)
  • Beta-karoten
  • Kalsium
  • Air
  • Protein
  • Lemak
  • Serat
  • Fosfor
  • Asam
  • Karbohidrat
  • Magnesium
  • Zat besi

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui!


Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan


1.  Mencegah Kanker

Di dunia, kanker merupakan penyebab kematian nomor 2 dan nomor 7 di Indonesia. Yang sangat mencengangkan adalah prediksi dari badan kesehatan dunia (WHO), yang mana pengidap kanker di Indonesia diprediksikan naik 7 kali lipat pada tahun 2030.

Berdasarkan data dari Kemenkes pada tahun 2013 tercatat prevelensi penyakit kanker telah mencapai 0,14% atau 347.792 orang dari total populasi penduduk di Indonesia. (Viva)

Untuk mencegah penyakit kanker mengonsumsi buah naga merah merupakan solusi yang tepat.

Antioksidan phytoalbumin yang terkandung di dalam buah naga berperan membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Serta kandungan lainnya seperti serat, fosfor, vitamin (C, B2) dan kalsium juga berperan membantu proses pengeluaran racun dari dalam tubuh, termasuk racun-racun yang dapat menyebabkan kanker.

Jika Anda bosan mengonsumsi buah naga secara langsung Anda dapat mengolahnya menjadi jus yang menyegarkan.

2.  Mencegah Demam Badan

Vitamin B1 yang tedapat dalam buah naga mampu mencegah demam pada tubuh. Oleh karena itu jika badan Anda tidak ingin terserang demam, tidak ada salahnya jika mengonsumsi buah ini.

3.  Mengobati Anemia

Jika tubuh cepat letih dalam melakukan aktifitas, wajah pucat, nafas pendek dan kepala pusing, itu adalah ciri-ciri  gejala dari penyakit anemia. Untuk mengatasi penyakit tersebut salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah naga secara rutin. Yang mana sudah diketahui sebelumnya buah naga mengandung zat besi. Zat inilah yang berfungsi untuk menambah sel darah merah.

4.  Menurunkan Kadar Kolesterol

Vitamin B3 yang terdapat di dalam buah naga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

5.  Menjaga Kesehatan Gigi

Lebih baik sakit gigi daripada sakit hati ini... Itulah lantunan lagu dari penyanyi dangdut kondang di negeri ini. Padahal keduanya sama-sama tidak enak. Heheee..

Apabila Anda mengalami permasalahan dengan gigi. Anda bisa mengonsumsi buah naga, dikarenakan buah naga mengandung kalsium dan fosfor yang tinggi.

6.  Menjaga Kesehatan Kulit

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit sehat? Baik pria maupun wanita tentu menginginkannya. Vitamin C yang tinggi di dalam buah naga mampu mencegah timbulnya jerawat, menghaluskan kulit, membantu proses regenerasi kulit dan lainnya. Sehingga kulit terlihat lebih fresh dan sehat.

7.  Mencegah Osteoporosis

Kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi dalam buah naga berperan dalam menguatkan tulang. Maka beruntunglah orang yang secara rutin mengonsumsi buah ini, karena dapat terhindar dari osteoporosis.

8.  Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Khasiat dari buah naga selanjutnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan yang tinggi dalam buah ini pastinya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

9.  Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kandungan protein dalam buah naga mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme nantinya akan membentuk tubuh menjadi sehat, karena semua penyerapan nutrisi ataupun pengolahan berbagai zat-zat yang masuk ke dalam tubuh akan dilakukan dengan maksimal.

10.  Menjaga Kesehatan Jantung

Serangan jantung menjadi momok yang sangat menakutkan. Berapa banyak nyawa yang tidak tertolong akibat dari penyakit yang menakutkan ini.

Sebelum penyakit ini menyerang, tidak ada salahnya jika kita mengatisipasinya terlebih dahulu. Pepatah mengatakan “sedia payung sebelum hujan”.

Protein yang terkandung di dalam buah naga sangatlah baik untuk kesehatan jantung. Zat ini dapat memerangi segala jenis kolesterol buruk yang menyebabkan resiko penyakit jantung.

11.  Menjaga Kesehatan Mata

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, mayoritas orang berinteraksi dengan smartphone kesayangannya dengan durasi waktu yang cukup lama. Yang sesungguhnya bisa menimbulkan dampak negatif terhadap organ penghlihatan, seperti pandangan kabur atau penglihatan menjadi terganggu. Oleh karena itulah, senantiasa Anda tetap menjaga kesehatan mata.

Upaya untuk menjaga kesehatan organ penglihatan bisa dilakukan dengan mengonsumsi buah yang berasal dari negeri meksiko ini. Dikarenakan buah naga memiliki kandungan nutrisi (beta-karoten) yang baik untuk mata.

12.  Menguatkan Otak dan Mencegah Masuknya Penyakit

Peran dari beta-karoten tidak hanya baik untuk organ penglihatan, akan tetapi kandungan nutrisi ini juga berperan untuk menguatkan otak dan mencegah masuknya penyakit.

13.  Membantu Proses Pengeluaran Racun Dalam Tubuh

Buah naga bisa Anda gunakan sebagai sumber antioksidan. Di mana antioksidan bisa memerangi efek dari radikal bebas. Sehingga proses pengeluaran racun dalam tubuh (detoksifikasi) dapat berjalan dengan lancar.

14.  Bermanfaat Bagi Ibu Hamil dan Si Cabang Bayi

Buah naga memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin, beta-karoten, serat, asam folat dan sebagainya. Kandungan inilah yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam proses kembang si cabang bayi.

15.  Mencegah Diabetes

Diabetes atau yang sering orang bilang dengan penyakit gula. Disebabkan oleh berbagai faktor seperti keturunan, kelebihan berat badan (obesitas), pola hidup yang tidak sehat dsb. Namun, dari sekian faktor yang tadi disebutkan, saat ini paling dominan adalah sebab pola hidup yang tidak sehat.

Mengonsumsi buah naga merupakan salah satu upaya untuk menerapkan pola hidup sehat. Buah ini dipercaya mampu membunuh sel-sel jahat yang diproduksi akibat dari pola hidup yang tidak sehat. Selain itu, buah naga juga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes, karena kadar gula yang terkandung didalamnya sangat rendah.


16.  Menurunkan Berat Badan

Ada banyak alternatif untuk menurunkan berat badan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dan juga rendah kalori, yakni buah naga. Dengan mengonsumsinya tentu tidak akan membuat perut menjadi buncit. Serat yang tinggi dan kadar air yang banyak dapat melancarkan sistem pencernaan.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang melakukan program diet tidak ada salahnya untuk mecobanya.

17.  Menambah Nafsu Makan

Apabila Anda atau Buah Hati Anda sedang tidak nafsu makan memberi asupan buah naga adalah solusi yang tepat. Buah naga juga memiliki manfaat untuk meningkatkan nafsu makan.

18.  Meredakan Batuk

Pada cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini tubuh lebih rentan terserang gangguan seperti batuk. Batuk dapat menggangu aktifitas sehari-sehari Anda. Untuk meredakan batuk Anda bisa mengonsumsi buah naga yang kaya akan kandungan vitamin C nya.

Ternyata banyak juga ya manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh. Tak heran jika buah ini dijuluki buah seribu manfaat.