Inilah 7 Penyebab Timbulnya Jerawat dan Komedo di Wajah yang Sering Disepelekan

Jerawat dan komedo merupakan masalah sepele yang sering timbul di wajah. Penyebab jerawat dan komedo pun bisa timbul dari hal-hal yang tidak diduga-duga. Sebagian orang menganggap jerawat dan komedo sebagai masalah yang remeh. Namun tidak sedikit juga orang yang merasa kurang nyaman saat muncul jerawat dan komedo di wajah. Secara umum, dua masalah utama di wajah tersebut biasanya dipengaruhi oleh proses hormonal, kebersihan atau kondisi stres yang memengaruhi aktivitas sehari-hari. Umumnya penyebab komedo ataupun jerawat ini bisa dihilangkan dengan mudah. Namun terkadang ada juga jenis jerawat dan komedo yang sulit dihilangkan bahkan bisa menimbulkan bekas di wajah.

Penyebab Timbulnya Jerawat dan Komedo di Wajah

Bahkan para remaja yang salah terlalu berlebihan dalam menggunakan kosmetik pun justru bisa menimbulkan jerawat ataupun komedo. Banyak hal-hal sepele yang sering diabaikan oleh kebanyakan orang yang sebenarnya bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat dan komedo. Lalu hal-hal apa saja yang perlu diwaspadai supaya wajah bisa tetap bersih dan berseri? Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab munculnya jerawat dan komedo di wajah.

1. Faktor Hormonal

Selama ini jerawat sering diidentikkan dengan tanda rindu terhadap seseorang atau tanda bahwa seseorang sedang jatuh cinta. Namun sebenarnya penyebab jerawat membandel yang paling sering terjadi adalah karena faktor hormonal, bukan karena masalah rindu atau jatuh cinta saja. Secara umum jerawat dan komedo ini bisa muncul sejak seseorang berusia 10-15 tahun. Biasanya kebiasaan munculnya jerawat dan komedo itu akan mulai berhenti saat seseorang memasuki usia 25 tahun. Namun demikian, justru saat usia berlanjut ke 40 tahun hingga 50 tahun, dua masalah pada wajah tersebut bisa muncul dengan frekuensi yang sering lagi. Bagi wanita, biasanya dua masalah itu bisa muncul saat sebelum menstruasi, saat hamil, atau ketika mengonsumsi obat-obatan yang memengaruhi hormonal.

2. Malas Membersihkan Rambut

Benarkah hanya karena malas membersihkan rambut bisa menyebabkan timbul jerawat atau komedo di wajah? Benar, dan penjelasannya pun cukup logis. Ketika kulit kepala Anda berminyak, maka minyak tersebut bisa mengalir ke wajah Anda. Alhasil kotoran-kotoran yang menempel ke wajah Anda pun akan bercampur dengan minyak dan bisa mengakibatkan tersumbatnya pori-pori. Itu dia yang bisa memicu munculnya jerawat dan komedo. Penyebab ini juga bisa dikatakan sebagai salah satu penyebab jerawat yang membandel. Oleh karena itu Anda disarankan untuk rajin membersihkan rambut dengan keramas.

3. Ada Tekanan pada Kulit

Penyebab komedo dan jerawat yang selanjutnya adalah karena terjadinya friksi atau tekanan pada kulit. Banyak aktivitas-aktivitas sepele yang mungkin tanpa Anda sadari itu bisa menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat dan juga komedo yang membandel. Misalnya seperti saat Anda menggunakan telepon seluler, saat Anda mengenakan masker, helm, dan sebagainya. Terkadang benda-benda yang menempel ke wajah Anda itu belum tentu terjamin kebersihannya.

Itu tadi adalah beberapa aktivitas sederhana yang bisa menjadi penyebab jerawat dan komedo membandel di wajah. Selain karena faktor hormonal, kebersihan rambut dan adanya tekanan pada kulit, dua masalah membandel pada wajah tersebut juga bisa terjadi karena faktor makanan dan juga minuman. Oleh karena itu Anda juga perlu memerhatikan asupan makanan dan minuman yang Anda konsumsi setiap harinya. Misalnya Anda jangan terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda, makanan laut, dan sebagainya. Dan berikut ini adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat dan komedo.

1. Gorengan dan Makanan Berlemak Lainnya

Jika selama ini Anda hobi makan gorengan atau berbagai macam makanan berlemak, maka jangan heran jika wajah Anda sering terkena jerawat atau komedo. Pasalnya makanan-makanan yang mengandung lemak ini memang menjadi salah satu penyebab kedua masalah pada wajah tersebut. Jadi ketika lemak yang tersimpan di dalam tubuh mulai berlebihan, lemak-lemak tersebut akan dikeluarkan oleh tubuh melalui pori-pori. Hal itu bisa membuat kulit menjadi berminyak sehingga akan membuat jerawat dan komedo lebih mudah muncul. Oleh karena itu jika Anda tidak ingin sering-sering terkena jerawat ataupun komedo, hindari konsumsi lemak yang berlebihan.

2. Makanan dan Minuman Terlalu Manis

Penyebab selanjutnya adalah karena Anda mungkin terlalu sering mengonsumsi jenis makanan dan minuman yang terlalu manis. Jadi jika saat ini Anda merasa sering sekali muncul jerawat dan komedo di wajah, mungkin belakangan Anda memang sering mengonsumsi makanan-makanan yang manis. Pasalnya asupan gula juga bisa menjadi salah satu penyumbang peningkatan lemak di dalam tubuh. Mengonsumsi banyak gula bisa meningkatkan lemak, lemak yang berlebihan bisa membuat wajah berminyak karena lemak dikeluarkan lewat pori-pori. Dengan demikian jerawat dan komedo pun bisa muncul dengan mudah di wajah Anda.

3. Makanan dan Minuman Berbahan Susu

Meskipun sebenarnya berbagai olahan susu itu sangat baik efeknya untuk kesehatan tubuh, namun ternyata makanan dan minuman berbahan susu juga bisa menjadi penyebab komedo dan jerawat. Jadi meskipun Anda suka, jangan konsumsi olahan susu secara berlebihan. Misalnya seperti keju, yogurt, coklat, susu cair, susu cream, dan sebagainya. Bahkan susu sapi yang berasal dari sapi hamil pun tidak disarankan karena bisa juga memicu dua masalah di wajah tersebut. Susu sapi hamil bisa membawa kandungan hormon, dan saat masuk ke tubuh manusia, hormon tersebut akan diubah menjadi DHT. Di mana zat tersebut adalah salah satu pemicu jerawat dan komedo.

4. Makanan dan Minuman yang Mengandung Kafein dan Alkohol

Mengonsumsi kopi mungkin punya efek yang baik bagi tekanan darah apabila dikonsumsi secara wajar. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, justru kopi bisa menjadi bumerang untuk Anda. Kafein tidak hanya terdapat pada kopi, namun juga pada teh, coklat, minuman berenergi, obat penahan sakit, dan sebagainya. Kafein bisa memicu adrenalin merilis, yaitu hormon penyebab stres. Dan seperti yang sudah dibahas di awal tadi, stres juga bisa menjadi salah satu pemicu jerawat dan komedo. Hobi mengonsumsi alkohol juga sangat berpengaruh bagi kesehatan Anda. Tak terkecuali untuk kebersihan wajah Anda. Pasalnya mengonsumsi alkohol ternyata juga menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat dan komedo. Alkohol sangat berisiko merusak aliran darah. Di mana masalah tersebut bisa memicu kulit menjadi lebih cepat kusam, keriput, berjerawat, dan berkomedo.

Kurang lebih seperti itulah kira-kira berbagai macam pemicu timbulnya jerawat dan komedo yang mungkin sering diabaikan. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga sering berjerawat atau berkomedo? Jika iya, mungkin Anda perlu menghindari hal-hal yang tadi sudah dijelaskan. Anda perlu menjaga kebersihan wajah Anda, kebersihan rambut dan kulit kepala, dan juga menghindari beberapa jenis makanan serta minuman penyebab timbulnya jerawat dan komedo. Dengan demikian wajah Anda akan terlihat lebih bersih dan berseri sepanjang hari.

Previous
Next Post »