50 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Secara umum cara menghilangkan jerawat bisa dilakukan dengan banyak metode. Mulai dengan obat-obatan kimia, menggunakan produk-produk kecantikan, hingga dengan cara-cara yang alami. Jerawat juga merupakan salah satu masalah utama yang biasa muncul di wajah. Penyebabnya berbagai macam, mulai dari karena stres, kurang menjaga kebersihan wajah, terlalu banyak makan berlemak, dan sebagainya. Jerawat sebenarnya termasuk dalam jenis penyakit kulit yang biasanya timbul akibat meningkatnya kelenjar minyak di bulu halus atau rambut.

Pria ataupun wanita yang sedang mengalami masa pubertas sangat rentan terkena jerawat. Jerawat juga bisa menimbulkan rasa kurang percaya diri, karena munculnya jerawat di wajah pasti akan membuat penampilan menjadi kurang menarik. Apalagi terkadang meskipun jerawatnya sudah hilang, bekasnya tetap ada. Lalu bagaimana cara supaya jerawat bisa hilang secara total? Berikut ini adalah 50 cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan berbagai macam metode.

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya
Image dari Homeremedyshop.com

1. Susu

Jika Anda ingin kulit Anda tetap terjaga kesehatannya, konsumsilah susu secara rutin. Akan tetapi, tentunya susu yang rendah lemak. Susu rendah lemak dinilai efektif untuk menghilangkan jerawat yang ada di wajah. Pasalnya, tidak bisa dipungkiri bahwa susu adalah salah satu sumber vitamin A dan D yang cukup tinggi. Di mana kedua vitamin tersebut sangat baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, kalsium yang terkandung pada susu juga sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh terutama tulang.

2. Madu

Seperti yang sudah diketahui oleh masyarakat sejak zaman dahulu, madu memang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam gangguan kesehatan dan tentu saja untuk meningkatkan kecantikan kulit. Dan ternyata madu juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan madu ini terbilang cukup mudah dan efektif. Cukup oleskan madu pada bagian wajah yang berjerawat sebelum tidur dan Anda bisa membilasnya menggunakan air bersih saat bangun di keesokan harinya. Akan tetapi, jika Anda ingin tidur dalam kondisi wajah yang bersih, Anda tidak perlu menunggu sampai pagi. Cukup gunakan masker madu sebelum tidur selama 30 menit sampai 1 jam, lalu bilas menggunakan air hangat. Wajah Anda akan terasa lebih lembut dan kenyal.

3. Lidah Buaya

Tanaman herbal yang satu ini memang sudah sejak lama digunakan untuk perawatan kecantikan. Efeknya adalah untuk mengurangi peradangan pada bagian wajah yang berjerawat. Tidak heran jika lidah buaya menjadi bahan utama pada produk-produk kecantikan khusus untuk rambut dan kulit berminyak. Bagian yang dimanfaatkan adalah gel lidah buayanya. Jika biasanya ini digunakan untuk keramas, cobalah remas-remas dan oleskan gel daun lidah buayanya ke bagian wajah yang berjerawat. Namun untuk cara ini Anda tidak perlu lakukan setiap hari. Cukup satu atau dua kali saja dalam seminggu, dan rasakan wajah Anda akan menjadi lebih sehat dan tidak berminyak.

4. Alpukat

Anda juga bisa mengonsumsi buah alpukat sebagai cara menghilangkan jerawat yang dipercaya cukup efektif. Sama seperti kacang-kacangan, alpukat juga mengandung vitamin E yang tinggi sehingga bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Alpukat juga mengandung vitamin C yang bisa melembabkan kulit, mengurangi peradangan kulit, dan tentunya menghilangkan jerawat yang membandel. Oleh karena itu cobalah konsumsi alpukat secara rutin jika Anda ingin jerawat cepat hilang.

5. Es Batu

Es batu ternyata tidak hanya bisa digunakan untuk mengompres memar-memar di tubuh saja. Akan tetapi jerawat juga bisa diatasi dan dicegah dengan es batu. Suhu dingin pada es batu bisa membantu menutup pori-pori kulit yang terbuka. Dengan demikian, wajah akan terasa lebih kesat dan tidak berminyak. Selain itu, bakteri yang terperangkap pada pori-pori juga bisa mati dan hilang dengan memanfaatkan efek dingin dari es batu. Caranya cukup dengan mengompreskan es batu yang dibungkus kain bersih pada bagian yang berjerawat. Anda bisa melakukan metode ini 2 kali dalam sehari atau bahkan mengaplikasikannya setelah menggunakan masker wajah.

6. Putih Telur

Selanjutnya kembali lagi ke pembahasan cara menghilangkan jerawat yang alami. Kali ini Anda bisa menggunakan bahan yang mungkin agak amis, yaitu putih telur. Cara menggunakannya, saat memecahkan telur pisahkan kuning telur dari putih telurnya. Kemudian aduk-aduk sebentar sampai merata lalu oleskan putih telur pada jerawat yang membandel. Diamkan dalam waktu kurang lebih 10-15 menit, kemudian baru Anda bilas menggunakan air bersih.

7. Air Putih

Jika Anda tidak mau repot, cukup perbanyak minum air putih saat Anda sedang berjerawat. Tidak bisa dipungkiri bahwa cara menghilangkan jerawat dengan air putih ini terbukti cukup efektif. Seperti yang mungkin juga sudah Anda ketahui, air putih bisa melancarkan metabolisme di dalam tubuh. Selain itu air putih bisa membantu proses pembuangan zat racun di dalam darah. Itu dia yang membuat air putih bisa membantu mempercepat proses menghilangkan jerawat.

8. Tomat

Untuk bisa menghilangkan jerawat, sebenarnya Anda tidak perlu membeli masker wajah yang mahal. Buat saja sendiri masker yang alami dan efektif untuk menjaga kesehatan wajah. Termasuk untuk mengatasi jerawat yang membandel. Bahan dasar masker yang direkomendasikan adalah tomat, buah ini kaya akan vitamin A dan C. Cukup blender buah tomatnya sampai halus, lalu balurkan secara merata hasil blender tersebut di seluruh wajah Anda, terutama bagian yang berjerawat. Tunggu beberapa menit sampai maskernya kering, lalu bilas dengan air bersih.

9. Scrub Gula

Cara lainnya adalah dengan menggunakan scrub gula. Seperti apa scrub gula itu? Jadi cara pembuatannya adalah dengan menggunakan gula dan minyak zaitun. Di mana kedua bahan itu berfungsi untuk membersihkan sel kulit mati dan untuk meregenerasi sel kulit baru. Campurkan gula murni dan minyak zaitun dengan perbandingan 2:1. Selain itu tambahkan juga beberapa tetes saja air perasan jeruk nipis. Aduk secara merata untuk menjadi adonan scrub alami. Oleskan scrub tersebut ke seluruh wajah terutama di bagian yang sedang berjerawat. Diamkan selama 15 menit sebelum akhirnya dibasuh air bersih.

10. Jeruk Nipis

Apakah lemon dan jeruk nipis itu berbeda? Bisa dibilang kedua buah ini memang sangat mirip. Sama-sama asam, sama-sama sering digunakan untuk perawatan wajah, dan sama-sama efektif sebagai cara menghilangkan jerawat. Caranya sangat mudah, yaitu hanya dengan menggunakan air perasan jeruk nipis saja. Peras jeruk nipis sesuai dengan kebutuhan, lalu oleskan pada jerawat Anda. Kandungan asamnya sangat efektif untuk mengempeskan jerawat yang meradang. Sebagai alternatif, Anda juga bisa membuat masker dari campuran madu dan jeruk nipis. Ini akan memberikan hasil yang lebih optimal.

11. Pasta Gigi

Percaya tidak percaya, ternyata pasta gigi juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Pasta gigi memiliki efek mendinginkan pori-pori kulit sehingga sangat manjur untuk mengempeskan jerawat bahkan ini dianggap paling efektif dibandingkan dengan bahan-bahan lainnya. Pastikan Anda membersihkan dan mencuci wajah Anda terlebih dahulu sebelum mengoleskan pasta gigi ke area yang berjerawat. Jika Anda memiliki terlalu banyak aktivitas, Anda bisa melakukan metode ini sebelum tidur. Anda bisa membasuhnya keesokan harinya setelah bangun tidur. Akan tetapi perlu diingat, jangan gunakan bahan ini jika jerawat Anda sudah radang karena bisa menimbulkan iritasi dan memicu peradangan yang lebih parah. 

12. Daun Sidaguri

Daun sidaguri juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Cara membuat ramuan tradisionalnya adalah dengan merebus daun sidaguri yang dicampur dengan mahkota dewa. Rebus dua bahan herbal tersebut dengan dua gelas air saja. Tunggu sampai mendidih dan letakkan wajah Anda di atas air rebusan daun sidaguri dan mahkota dewa tersebut. Lakukan cara ini dua kali sehari supaya jerawat cepat hilang.

13. Lemon

Sama halnya seperti madu, lemon juga terbukti cukup ampuh sebagai cara menghilangkan jerawat. Caranya juga sama, yaitu dengan dioleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Siapkan perasan air lemon saja dan kapas, lalu usapkan pada bagian yang berjerawat. Tunggu hingga beberapa menit. Lakukan secara rutin untuk mengoptimalkan perawatan wajah Anda. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan langkah ini, Anda bisa meminum jus lemon setiap harinya sebagai alternatif. Jus lemon adalah asupan vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan kekebalan tubuh.

14. Buah Berry

Berbagai jenis buah berry dinilai memiliki kandungan antioksidan terbaik yang bisa membantu mengatasi jerawat secara alami. Buah berry seperti strawberry, blueberry, raspberry, dan sebagainya bisa menjaga kondisi kulit supaya tetap sehat. Kandungan antioksidan pada jenis buah berry berfungsi sebagai fitokimia yang bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi di kulit termasuk jerawat. Masalah lain seperti komedo pun bisa diatasi apabila Anda rutin mengonsumsi buah berry.

15. Bawang Putih

Selama ini bawang putih mungkin hanya dianggap sebagai bumbu dapur saja. Namun siapa sangka bahwa salah satu cara menghilangkan jerawat yang paling efektif adalah dengan bawang putih. Pasalnya, bawang putih ini punya kandungan antiseptik dan sulfur yang sangat berkhasiat untuk menyembuhkan dan mencegah jerawat datang kembali. Gunakan saja satu siung bawang putih, lalu potong ujung bawangnya (bahasa jawa: putes). Kemudian oleskan bagian yang dipotong tersebut pada jerawatnya. Sama seperti cara-cara sebelumnya, sebaiknya lakukan saja sebelum tidur supaya hasilnya lebih maksimal.

16. Uap

Metode uap air panas ini mungkin lebih sering digunakan untuk mengatasi batuk pilek, baik pada orang dewasa ataupun pada bayi. Namun ternyata metode ini bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Benarkah demikian? Anda bisa mencobanya. Caranya sama dengan ketika mengatasi batuk atau pilek. Anda cukup meletakkan wajah Anda di atas baskom yang berisi air panas. Tunggu hingga beberapa menit sampai uap tersebut benar-benar meresap pada pori-pori wajah Anda. Setelah 10 menit, Anda bisa membilas wajah Anda dengan air hangat.

17. Mahkota Dewa

Untuk menghilangkan jerawat, Anda juga bisa menggunakan buah mahkota dewa. Akan tetapi yang Anda gunakan adalah buah mahkota dewa yang masih muda. Hal itu karena adanya daya inhibisi tinggi yang terdapat pada buah mahkota dewa muda, sedikit berbeda dengan buah yang sudah mulai matang. Cara menggunakannya, cuci buahnya sampai bersih, parut buahnya, lalu balurkan parutan buah mahkota dewa muda tersebut pada wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan dengan air bersih. Lakukan metode ini setiap malam hari supaya jerawat lekas hilang.

18. Mentimun

Jika biasanya mentimun menjadi pelengkap masker yang digunakan untuk menutup area mata, ternyata sayuran yang satu ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan mentimun ini tidak rumit dan cukup sederhana. Cukup gunakan irisan mentimun dingin dan tempelkan di bagian wajah yang berjerawat. Tunggu sekitar satu jam, kemudian cuci wajah Anda dengan air bersih. Mentimun mengandung zat yang bisa meredakan peradangan pada kulit.  Jika Anda menggunakannya secara rutin, ini tidak hanya menghilangkan jerawat tapi juga bisa memperbaiki tekstur kulit Anda.

19. Mengkudu

Jenis buah lain yang juga cukup efektif untuk mengatasi jerawat membandel adalah buah mengkudu atau yang juga sering disebut dengan buah pace. Buah ini bisa Anda gunakan sebagai masker wajah. Pasalnya mengkudu memiliki kandungan zat aktif seperti morinda diol, asam kapril, sorandiyol, moridin, dan sebagainya yang ternyata cukup efektif untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan kesehatan kulit.

20. Biji-Bijian

Selain jenis kacang-kacangan, mengonsumsi biji-bijian juga bisa menjadi cara menghilangkan jerawat yang cukup efektif. Anda disarankan untuk mengonsumsi jenis biji-bijian supaya wajah Anda tetap cantik dan berseri. Serat yang terkandung dalam biji-bijian bisa menghilangkan jerawat dan juga peradangan pada kulit secara perlahan. Hal ini dikarenakan biji-bijian memiliki kandungan selenium yang tinggi. Selenium sendiri merupakan obat alami yang cukup manjur menyembuhkan jerawat membandel di wajah.

21. Beras Merah

Selanjutnya Anda juga bisa mengonsumsi beras merah, sumber makanan yang diketahui mengandung vitamin B, protein, magnesium dan yang paling penting adalah antioksidan. Pada beras merah sendiri, vitamin B adalah nutrisi yang paling berperan penting untuk mengatasi jerawat. Mengapa demikian? Vitamin B bisa membuat kulit Anda terhindar dari stres. Dengan demikian kadar hormon di dalam tubuh akan lebih terkendali dan jerawat tidak akan timbul.

22. Air Seni

Mengejutkan memang, karena ternyata jerawat bisa dihilangkan dengan urin atau air seni. Cara menghilangkan jerawat yang satu ini merupakan metode baru bagi Anda yang sudah frustasi karena gagal mengusir jerawat dengan bahan-bahan lainnya. Berdasarkan berbagai riset, ternyata urin mengandung zat anti jamur yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Kali ini Anda bisa mencoba mencampurkan urin pada pelembab wajah Anda. Cukup menjijikkan mungkin, tapi tidak ada salahnya juga bukan untuk dicoba? Barangkali jerawat membandel Anda bisa seketika hilang.

23. Daun Pepaya

Selain menggunakan pasta gigi, Anda bisa membuat pasta yang lebih alami, yaitu dari bahan dasar daun pepaya. Sediakan beberapa lembar daun pepaya, lalu keringkan. Untuk membuatnya menjadi pasta atau masker, Anda cukup menghasluskannya boleh dengan cara ditumbuk ataupun diblender dengan menambahkan air secukupnya. Setelah benar-benar halus, Anda bisa mengoleskannya pada bagian yang berjerawat maksimal selama 30 menit. Ini akan lebih efektif jika Anda melakukan di malam hari sebelum tidur secara rutin dan terjadwal.

24. Brokoli

Mengonsumsi sayuran memang menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat yang cukup efektif. Salah satu jenis sayuran yang sempurna untuk membersihkan kulit adalah brokoli. Di mana brokoli ini mengandung nutrisi yang cukup lengkap. Brokoli mengandung vitamin A, B kompleks, C, E, dan K yang sangat membantu tubuh mengatasi berbagai kerusakan pada kulit. Selain itu kandungan-kandungan tersebut juga bisa membantu luminositas kulit.

25. Jaga Kebersihan Tangan

Pernahkah Anda setelah memegang uang yang kotor atau memegang benda-benda kotor lainnya lalu menyentuh muka? Ya, itu bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat. Dan kalau Anda sedang berjerawat, jangan lakukan hal-hal tersebut. Apalagi sampai Anda memecahkan jerawat dengan kondisi tangan yang kotor. Kotoran atau bakteri yang menempel di tangan Anda bisa saja membuat jerawat semakin membandel. Menjengkelkan sekali, bukan? Oleh karena itu sebisa mungkin selalu jaga kebersihan tangan dan wajah selama Anda berjerawat.

26. Kentang

Kentang mungkin memang dinilai sebagai bahan makanan yang kaya akan manfaat. Namun ternyata kentang juga bisa membantu menghilangkan jerawat batu. Cara menghilangkan jerawat dengan kentang ini adalah menggunakan masker kentang. Bagaimana cara membuatnya? Parut atau blender kentangnya, lalu tempelkan hasilnya ke wajah Anda terutama di bagian yang berjerawat. Diamkan selama beberapa saat, kemudian Anda bilas menggunakan air hangat. Niscaya jerawat batu di wajah Anda akan cepat hilang.

27. Kacang

Banyak yang beranggapan bahwa makan kacang adalah salah satu penyebab timbulnya jerawat. Namun tidak selamanya kacang hanya mengakibatkan wajah berjerawat saja. Pasalnya kandungan vitamin E yang terdapat pada kacang-kacangan ternyata juga bisa membantu meremajakan kulit. Itulah yang membuat kacang dinilai bisa membantu proses penghilangan jerawat. Apalagi kacang juga mengandung zat-zat lain seperti tembaga, magnesium, mangan, kalsium, zat besi, dan sebagainya yang baik untuk kesehatan kulit.

28. Artichoke

Cara menghilangkan jerawat yang paling efektif adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan vitamin C. Kandungan-kandungan nutrisi tersebut bisa Anda dapatkan dari sayuran hijau bernama artichoke. Di mana sayuran tersebut bisa membantu membuang racun dari dalam tubuh termasuk racun-racun yang ada di kulit. Dengan demikian mengonsumsi artichoke juga bisa menjaga kesehatan kulit dan mengatasi jerawat yang sudah membandel.

29. Adas

Apa itu adas? Mungkin banyak orang yang masih belum tahu apa itu adas. Adas adalah sejenis sayuran yang ternyata bisa membantu membersihkan kulit dari berbagai kotoran dan masalah kulit. Tentu saja adas juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat yang membandel apabila dikonsumsi secara rutin. Bahkan akar dari sayur adas ini juga bisa melancarkan pencernaan, mengurangi kelebihan cairan di dalam tubuh dan menghilangkan racun-racun yang tersumbat di pori-pori kulit.

30. Baking Soda Alami

Seperti apakah baking soda alami? Secara umum kulit memang sangat rentan mengalami masalah termasuk jerawat, komedo, dan sebagainya. Pasalnya, kulit menjadi bagian terluar pada tubuh manusia. Bagi Anda yang berjerawat, Anda bisa menggunakan baking soda. Namun untuk melakukan cara menghilangkan jerawat yang satu ini, dibutuhkan pengujian sederhana terlebih dahulu. Pertama, coba oleskan pasta baking soda di tengkuk. Jika selama beberapa menit pasta tersebut terasa panas, segera bersihkan. Jika panas berarti baking soda itu tidak cocok untuk kulit wajah Anda.

31. Lemak Ikan

Jerawat juga bisa dihilangkan dengan cara mengonsumsi makanan-makanan sehat. Salah satunya adalah lemak ikan, di mana ikan memang dipercaya sebagai salah satu sumber omega-3 dan omega-6 yang sangat baik. Kandungan tersebut bisa membantu mengatasi penyumbatan pori-pori yang menjadi salah satu pemicu utama jerawat. Anda yang sedang berjerawat direkomendasikan mengonsumsi ikan salmon, makarel atau ikan sarden.

32. Semangka

Cara menghilangkan jerawat yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi buah semangka. Buah ini sangat menyegarkan karena mengandung banyak sekali air. Vitamin yang terkandung di dalamnya dinilai sangat baik sebagai antioksidan yang bisa menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena itu, buah semangka cukup manjur untuk menyembuhkan infeksi yang terjadi pada kulit termasuk jerawat.

33. Alfalfa Sprouts

Tanaman ini pasti sangat asing bagi sebagian besar orang. Akan tetapi mengonsumsi alfalfa sprouts ternyata dinilai cukup efektif sebagai cara menghilangkan jerawat yang membandel di wajah. Pasalnya, tanaman yang bentuknya seperti rumput ini ternyata punya kandungan nutrisi yang lengkap. Terutama nutrisi-nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Alfalfa sprouts memiliki kandungan enzim yang bisa mengatasi peradangan.

34. Anggur Merah

Selanjutnya Anda juga bisa mencoba anggur merah, buah yang mengandung banyak bahan kimia alami dan dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Di mana antioksidan sendiri sangat bermanfaat untuk mengatasi kulit yang bermasalah. Bukan hanya itu, karena mengonsumsi anggur merah secara rutin juga bisa menjaga kesehatan kulit, termasuk menghilangkan jerawat. Jadi tidak ada salahnya jika Anda mencoba anggur merah sebagai cara menghilangkan jerawat yang sudah teruji cukup efektif.

35. Menggunakan Cream Penghilang Jerawat

Mungkin ini menjadi cara yang paling mudah dan jalan pintas paling mudah ditempuh supaya jerawat bisa segera hilang. Gunakan cream penghilang jerawat yang mengandung zat benzoil peroksida. Zat yang memang berfungsi untuk mematikan jerawat. Namun kinerjanya memang tidak cepat, karena biasanya dibutuhkan waktu hingga seminggu atau lebih untuk melihat hasilnya secara maksimal. Akan tetapi, jangan gunakan cream jerawat tanpa pengawasan dari dokter kulit karena dengan dosis yang salah ini justru bisa membuat kulit Anda semakin rusak.

36. Menggunakan Isotretinoin

Bahan kimia yang satu ini memang sangat dipercaya dan sudah terbukti bisa menghilangkan jerawat beserta dengan bekasnya. Akan tetapi, jika Anda memilih bahan ini, Anda harus bersabar karena hasilnya tidak akan instan. Anda harus mengonsumsinya kapsul yang mengandung Isotretinoin secara teratur. Selain itu, untuk hasil yang lebih maksimal, Anda harus mengimbanginya dengan pola hidup yang sehat dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi. Hindari minuman bersoda dan alkohol jika Anda tidak ingin berurusan lagi dengan jerawat.

37. Rutin Mencuci Muka

Bagi Anda yang beragama Islam, Anda pasti akan mencuci muka minimal 5 kali sehari. Namun bagi yang beragama non-muslim, cobalah untuk tetap mencuci muka minimal 2 kali sehari. Anda bisa melakukannya ketika wajah Anda mulai terasa lengket atau kotor. Tujuannya adalah supaya sel kulit mati bisa terangkat dan bakteri di wajah bisa menghilang. Pasalnya bakteri atau sel kulit mati adalah salah satu pemicu munculnya jerawat yang paling sering terjadi. Jangan lupa untuk menggunakan produk pembersih yang memang sesuai dengan jenis kulit Anda.

38. Gunakan Masker Penutup Wajah Saat Keluar Rumah

Ketika berjerawat wajah tentunya membutuhkan perhatian khusus, terutama mengenai kebersihan kulit wajahnya. Untuk itu ketika Anda sedang ke luar rumah, usahakan bagian yang sedang berjerawat Anda tutup supaya tidak terinfeksi kotoran atau bakteri dari luar. Atau kalau Anda tidak mau repot, gunakan saja plester. Saat ini sudah ada plester transparan, jadi meskipun Anda memasang plester tersebut tidak akan terlalu kelihatan.

39. Facial

Facial ini adalah metode perawatan kecantikan yang sering dilakukan di klinik kecantikan. Bahkan di salon-salon pun banyak yang menawarkan perawatan wajah yang satu ini. Metode yang digunakan sebenarnya tidak rumit, yaitu hanya dengan cream wajah yang berfungsi untuk membuang jerawat dan menghapuskan bekas-bekas jerawat di wajah. Facial biasanya memberikan relaksasi tersendiri pada permukaan wajah. Jadi tidak heran jika di zaman modern ini facial dinilai sebagai cara menghilangkan jerawat paling favorit.

40. Menggunakan Retin-A

Zat lain yang dipercaya cukup efektif menghilangkan jerawat adalah zat Retin-A. Ini merupakan salah satu jenis asam dari vitamin A. Fungsi zat ini adalah untuk menghilangkan kotoran di pori-pori dan membebaskan pori-pori yang tersumbat. Namun secara umum Retin-A ini digunakan untuk mengatasi kulit kriput atau untuk perawatan kecantikan wajah yang lainnya. Namun mengingat jerawat juga disebabkan oleh penyumbatan kulit, maka tidak salah juga jika Anda menggunakan zat Retin-A untuk mengobati jerawat membandel di wajah.

41. Jangan Begadang

Begadang atau tidur terlalu larut malam sebenarnya bisa membahayakan kesehatan. Bukan hanya untuk kesehatan secara keseluruhan, bahkan bisa berdampak juga untuk hal yang sepele. Seperti tumbuh jerawat misalnya. Jika Anda tidak tidur secara cukup, proses metabolisme di dalam tubuh tidak akan berjalan dengan lancar. Dengan demikian jerawat pun akan semakin membandel dan sulit hilang. Bahkan jerawat Anda justru akan bertambah lagi.

42. Peeling

Metode lain yang biasa dilakukan di klinik kecantikan adalah peeling. Mirip dengan facial, hanya saja peeling ini prosedurnya agak lebih panjang. Pasalnya yang dilakukan adalah mengangkat kotoran di pori-pori wajah. Jadi harus dilakukan dengan teliti dan sangat berhati-hati. Untuk Anda yang punya jerawat batu alias jerawat yang membandel, coba metode peeling ini.

43. Hindari Kosmetik Saat Berjerawat

Selama Anda berjerawat mungkin Anda ingin menutupi jerawat Anda dengan memakai make up. Bisa saja, namun jangan sampai Anda menggunakan kosmetik secara berlebihan. Meskipun Anda berpikir bahwa make up bisa menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat sementara yang cukup efektif, namun efek buruknya bisa Anda rasakan di kemudian hari. Terutama apabila kosmetik yang Anda gunakan ternyata tidak sesuai dengan jenis kulit Anda. Kan lebih baik jika Anda menghindari kosmetik terlebih dahulu saat sedang berjerawat.

44. Jaga Kebersihan Tubuh

Orang yang kurang menjaga kebersihan tubuhnya lebih berpotensi terkena jerawat. Jadi sebaiknya jangan malas mandi, apalagi ketika tubuh Anda baru saja mengeluarkan banyak keringat dan bercampur kotoran. Mandi minimal dua kali sehari, terutama setelah Anda melakukan aktivitas di luar rumah. Hal tersebut bisa menjaga kebersihan kulit secara keseluruhan.

45. Tenangkan Diri dan Selalu Berpikir Positif

Perlu diketahui bahwa stres adalah salah satu masalah sepele yang paling sering mengakibatkan seseorang berjerawat. Hal itu diakibatkan karena saat stres, produksi hormon menjadi tidak stabil dan ini bisa memicu tumbuhnya jerawat di wajah dan bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu, kalau Anda sudah berjerawat, usahakan tenangkan diri Anda. Cobalah untuk tetap berpikir positif supaya jerawat tidak bertambah lagi nantinya. Anda juga bisa sambil melakukan pengobatan lain dengan bahan-bahan alami misalkan dengan cara-cara yang tadi sudah dijelaskan.

46. Metode Laser

Teknologi laser sudah banyak digunakan untuk berbagai macam kegiatan medis. Bahkan khitan pun sudah bisa menggunakan laser. Dan tahukah Anda bahwa kebanyakan klinik kecantikan saat ini juga menggunakan metode laser. Terutama untuk menghilangkan jerawat-jerawat yang membandel. Untuk masalah harga memang cukup mahal. Namun, hasilnya terbilang cukup cepat, karena biasanya dengan dua kali laser jerawat membandel pun hilang.

47. Perbanyak Olahraga

Bagi Anda yang kurang olahraga, percayalah bahwa kulit Anda pasti akan kering. Coba bandingkan kulit wajah orang yang sering berolahraga dan yang tidak pernah berolahraga. Selain bisa menjaga kelembaban kulit wajah, olahraga juga bisa membantu tubuh untuk mengeluarkan racun dengan cara memperlancar metabolisme tubuh. Termasuk zat-zat racun penyebab jerawat yang bersarang di pori-pori wajah. Jadi saat Anda sedang berjerawat, cobalah untuk rutin berolahraga. Minimal lakukan tiga kali dalam seminggu.

48. Jangan Pernah Memegang Jerawat

Saat Anda sedang berjerawat, terkadang rasanya ingin segera dipecahkan saja. Akan tetapi ternyata hal itu tidak efektif untuk menghilangkan jerawat. Cara menghilangkan jerawat yang efektif justru adalah dengan mendiamkannya saja supaya tidak terjadi peradangan. Apalagi jika tangan Anda sedang kotor atau tidak steril. Memecahkan jerawat justru bisa berbahaya dan bahkan bekasnya akan sulit dihilangkan. Jika sudah terasa nyeri, kondisi jerawat justru bisa bertambah parah dan bisa menyebabkan iritasi di kulit. Bisa-bisa jerawat Anda tidak kunjung sembuh nantinya. Pasti Anda tidak mau, bukan?

49. Metode Mikrodermabrasi

Cara menghilangkan jerawat secara medis bisa Anda lakukan dengan metode mikrodermabrasi. Salah satu jenis perawatan kecantikan yang memang sudah lama populer dan manjur untuk membasmi jerawat membandel di wajah. Metode mikrodermabrasi ini mengusung teknologi dan  zat yang berfungsi untuk mengelupas sel kulit mati termasuk jerawat atau komedo yang membandel. Oleh karena itu, Anda akan mendapatkan wajah yang lembut dan lebih cerah setelah melakukan metode ini.

50. Menggunakan Asam Salisilat

Sebagian besar dari Anda pasti tahu bahwa kulit mati dan kotoran-kotoran yang menyumbat saluran pori-pori adalah penyebab utama timbulnya jerawat. Dan untuk bisa menghilangkan kulit mati, coba gunakan cream perawatan wajah yang mengandung asam salisilat. Cara menghilangkan jerawat dengan bahan ini memang diakui cukup efektif untuk mencegah jerawat. Untuk dosis dan aturan pemakaian yang tepat, sebaiknya Anda mendiskusikannya dengan dokter kulit.

Baca juga: Berbagai Jenis Jerawat yang Biasa Timbul di Wajah

Itu tadi adalah 50 cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang dapat Anda coba. Semoga tips diatas dapat menjadi referensi atau pilihan Anda dalam mengatasi jerawat yang membandel. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini agar tulisan didalamnya lebih bermanfaat bagi orang banyak.

Previous
Next Post »