27 Cara Menghilangkan Komedo Membandel

Komedo biasanya akan mengurangi keindahan wajah, di mana kulit wajah menjadi kasar, terdapat banyak noda serta berkurangnya elastisitas kulit. Tidak jarang keadaan ini membuat orang merasa kurang percaya diri, terlebih lagi bagi para remaja dan wanita. Berbagai macam usaha akan dilakukan untuk menemukan cara menghilangkan komedo dengan langkah yang tepat. Selain itu, sering kali banyak ditemukan komedo yang membandel. Walaupun kita sudah susah payah untuk menghilangkannya, tetapi tetap saja komedo di wajah tidak bergeming bahkan makin bertambah parah. Masalah komedo dialami oleh banyak orang di berbagai usia mulai dari remaja hingga dewasa.

Komedo merupakan bintik-bintik ataupun tonjolan kecil pada area wajah yang diakibatkan karena pori-pori yang tersumbat. Area wajah yang paling sering ditumbuhi komedo adalah hidung, tetapi dapat juga berada di pipi, dagu, maupun area sekitar mulut. Jenis komedo ada dua yaitu komedo terbuka (blackhead) dan tertutup (whitehead). Komedo terbuka bentuknya seperti pori-pori yang membesar dan berwarna hitam. Komedo terbuka ini terjadi ketika pori-pori terbuka yang memicu peningkatan kelenjar minyak, lalu teroksidasi oleh udara dan berubah menjadi cokelat lalu lama kelamaan menjadi hitam. Sedangkan komedo tertutup bentuknya berupa tonjolan kecil-kecil berwarna putih atau kuning. Komedo tertutup ini terjadi ketika minyak dan bakteri terperangkap di bawah permukaan kulit lalu mengeras.

Jenis Komedo
Image dari Webmd.com

Secara medis, timbulnya komedo ini dipicu oleh bakteri dan iritasi pada permukaan kulit. Mengonsumsi obat-obat tertentu misalnya steroid dan pil KB juga dapat memicu timbulnya komedo. Selain itu komedo juga disebabkan karena adanya produksi kelenjar minyak berlebih pada kulit. Paling sering dialami ketika masa pubertas. Sehingga tak heran jika komedo paling banyak dialami oleh remaja karena pada masa ini pertumbuhan hormon berlangsung dengan pesat  sehingga memicu ketidakstabilan metabolisme dalam tubuh yang menimbulkan beberapa efek yang salah satunya adalah timbulnya komedo pada wajah. Komedo juga dapat diakibatkan oleh penggunaan bedak berlebihan maupun make up yang mengandung zat berbahaya sehingga dapat mengiritasi kulit.

Gaya hidup juga dapat berperan pada tumbuhnya komedo. Faktor lainnya adalah gaya hidup yang tidak sehat, seperti terlalu banyak merokok, stres, minum alkohol, kafein, maupun makan makanan yang berlemak dan tinggi karbohidrat. Komedo juga dapat diakibatkan oleh bakteri dan faktor lingkungan seperti polusi udara, suhu yang ekstrem, dan air yang tercemar. Selain itu, kurangnya kebersihan Anda dalam menjaga wajah juga dapat memicu timbulnya komedo. Lalu bagaimanakah cara menghilangkan komedo yang sering kali membandel ini?

Cara Menghilangkan Komedo Membandel

Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi komedo termasuk 27 alternatif pilihan yang dapat kita aplikasikan untuk mengatasi komedo membandel baik yang bersifat perawatan kebersihan personal, penggunaan bahan-bahan alami, maupun secara medis. 27 cara menghilangkan komedo yang membandel adalah sebagai berikut:

1. Membersihkan Wajah

Menjaga kebersihan wajah merupakan suatu langkah pencegahan sekaligus cara menghilangkan komedo yang paling dasar. Pasalnya, cara apapun tidak akan memberikan hasil yang maksimal jika kita tidak dapat menjaga kebersihan wajah kita. Dalam satu hari, Anda bisa mencuci wajah sebanyak dua kali dengan menggunakan produk pembersih yang tepat. Selain itu, mencuci wajah dapat kita lakukan setiap pulang dari bepergian atau setelah banyak beraktivitas di luar rumah. Hal ini untuk menghilangkan kotoran-kotoran pada wajah dan kemungkinan kontaminasi bakteri yang sewaktu-waktu dapat menempel ke wajah kita.

2. Hindari Rokok dan Alkohol

Rokok dan alkohol merupakan zat yang berbahaya bagi tubuh kita karena dapat membunuh sel-sel tubuh dan menumbuhkan sel-sel jahat, bahkan yang bersifat karsinogenik (memicu timbulnya kanker). Rokok dan alkohol dapat menghambat regenerasi sel atau tumbuhnya sel-sel baru untuk menggantikan sel kulit yang mati. Kulit wajah orang yang merokok dan mengonsumsi alkohol biasanya tidak sehat, mudah iritasi dan mudah terjadi gangguan kulit termasuk komedo.

3. Rajin Membersihkan Make-up

Penggunaan make-up secara terus menerus apalagi secara berlebihan justru dapat merusak kesehatan kulit. Oleh karena itu, bersihkanlah make-up secara rutin dan hendaknya dilakukan secara teratur sebelum tidur dengan air hangat. Selain itu, pakailah make-up sewajarnya saja, ketika tidak ada acara penting sebaiknya tidak perlu memakai make-up.

4. Mengurangi Asupan Makanan Berminyak dan Tinggi Karbohidrat

Makanan-makanan tersebut merupakan penyebab banyaknya timbunan lemak jahat di dalam tubuh dan jika berlebihan dapat menghambat metabolisme dan sirkulasi darah. Oleh karena itu, jika makanan tersebut banyak terakumulasi dalam tubuh kita, peredaran darah di area wajah kita dapat terganggu sehingga salah satunya dapat memicu komedo. Makanan yang masuk kategori ini di antaranya yaitu semua jenis makanan yang digoreng, makanan bersantan, makanan cepat saji, coklat, permen, nasi, ketela, dan sebagainya.

5. Jangan Memencet Komedo

Jika terdapat komedo pada wajah, jangan memecahkan atau memencet komedo karena ini memicu iritasi yang menyebabkan jerawat atau masalah kulit lainnya. Dengan kata lain, memencet komedo tidak akan membuatnya berkurang tetapi justru semakin parah.

6. Menggunakan Jenis Produk yang Sesuai dengan Tipe Kulit

Komedo pada umumnya dialami oleh orang dengan tipe kulit berminyak yaitu terjadi produksi kelenjar keringat yang berlebih sehingga banyak menyumbat pori – pori. Sehingga orang dengan tipe kulit berminyak ini harus menggunakan produk khusus untuk kulit wajahnya, baik make-up, lotion, maupun pembersih wajah yang memang ditujukan untuk jenis kulit yang berminyak.

7. Pakai Masker untuk Menghindari Polusi Udara

Di sekitar kita banyak sekali radikal bebas yang setiap saat dapat merusak kesehatan dan keindahan kulit kita. Komedo dapat timbul antara lain karena polusi udara, baik karena asap kendaraan bermotor, asap pabrik, maupun debu-debu di jalanan. Maka sebisa mungkin hindari sumber polutan tersebut. Jika kita mengendarai kendaraan bermotor maupun ketika berada di tempat yang berdebu, maka gunakanlah masker untuk melindungi wajah.

8. Konsumsi Air Putih

Air sangat penting bagi tubuh kita, termasuk untuk kesehatan kulit. Oleh sebab itu, bukan rahasia lagi jika air putih dapat digunakan sebagai cara menghilangkan komedo sekaligus mencegahnya timbul kembali. Sesuai dengan anjuran, minumlah air putih 8 gelas per hari untuk dapat memperlancar metabolisme. Dengan begitu, zat-zat yang berbahaya maupun sel-sel yang telah mati terutama pada area wajah dapat dibuang dan meningkatkan regenerasi sel baru. Air putih juga dikenal sebagai terapi untuk kecantikan kulit. Ini isa menjaga kelembaban dan elastistas kulit yang membuatnya nampak kenyal setiap saat.

9. Lemon dan Jeruk Nipis

Lemon dan jeruk nipis merupakan buah yang banyak mengandung vitamin C. Selain itu, kedua buah ini juga mengandung flavanoid dan asam sitrat.  Zat-zat tersebut sangat berguna dalam meregenerasi sel kulit yang mati dan menjaga kelembaban kulit. Lemon dan jeruk nipis dapat dimanfaatkan untuk mengatasi komedo baik dengan air perasannya maupun dengan kulitnya. Cara menghilangkan komedo dengan lemon dan jeruk nipis yaitu kupas buah lemon atau jeruk nipis kemudian peras airnya. Oleskan air perasan lemon atau jeruk nipis tersebut pada bagian wajah yang berkomedo. Lakukan perawatan ini pada malam hari sebelum tidur dan dibasuh dengan air bersih pada keesokan harinya. Jika menggunakan kulitnya, maka kupasan kulit dari buah lemon atau jeruk nipis tersebut dipotong-potong secukupnya dan kemudian ditempelkan sebagai masker pada daerah wajah yang berkomedo.

10. Pepaya

Dalam berbagai penelitian, buah pepaya mengandung zat atau senyawa yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah kita. Cara menghilangkan komedo dengan buah pepaya yaitu dengan cara menghaluskan buah pepaya yang sudah matang, dicampur sedikit susu dan madu, diaduk hingga merata dan gunakan sebagai masker pada wajah. Biarkan selama kurang lebih 20 menit lalu bilaslah dengan air bersih.

11. Putih Telur

Cara menghilangkan komedo dengan putih telur yaitu dengan memecahkan telur pada suatu wadah dan diambil bagian putihnya saja. Lalu oleskan pada area wajah yang ada komedonya atau dapat juga dioleskan merata pada seluruh kulit wajah. Diamkan selama kurang lebih 15 menit kemudian bilaslah dengan air hangat.

12. Air Garam

Ikatan ion pada air garam dapat mengangkat kotoran secara efektif terutama sel-sel yang mati pada kulit. Cara menghilangkan komedo dengan air garam yaitu campur garam dengan air hangat secukupnya, lalu gunakan untuk membasuh muka. Kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan wajah dengan handuk yang lebut.

13. Lidah Buaya

Cara mengatasi komedo dengan lidah buaya yaitu iris 1 batang lidah buaya menjadi beberapa potongan lalu ambil lendirnya dan oleskan pada wajah yang berkomedo. Gel dari lidah buaya ini dapat juga didapatkan dengan cara memblender batang lidah buaya yang telah diiris kecil-kecil. Perawatan ini dapat dilakukan 1-2 kali sehari.

14. Uap Air Panas

Cara menghilangkan komedo dengan uap air panas yaitu dengan merebus air sampai mendidih dan ditaruh di dalam mangkuk atau baskom. Kemudian hadapkan wajah Anda kedalam mangkuk atau baskom dan biarkan uapnya mengarah ke wajah Anda. Uap air panas ini berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah dan memperlancar sirkulasi keringat melalui pori-pori kulit, sehingga cukup efektif mengatasi komedo. Lakukan metode ini selama 10 – 15 menit.

15. Pasta Gigi

Kandungan fluoride pada pasta gigi diyakini dapat membasmi komedo. Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi yaitu oleskan pasta gigi secukupnya pada wajah yang berkomedo. Lakukan pemijatan secara perlahan selama kurang lebih 5 - 10 menit. Setelah itu bilaslah dengan menggunakan air bersih.

16. Kacang Kedelai

Kacang kedelai dikenal mempunyai kandungan protein nabati yang tinggi yang turut berperan dalam regenerasi sel yang rusak. Cara menghilangkan komedo dengan kacang kedelai yaitu dengan cara memblender kacang kedelai secukupnya kemudian dijadikan masker pada wajah. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

17. Lobak

Lobak merupakan tanaman sejenis wortel dan terkenal ampuh membasmi komedo. Cara menghilangkan komedo menggunakan lobak yaitu dengan memarut atau memblendernya, kemudian gunakan sebagai masker wajah. Perawatan ini dapat dilakukan seminggu sekali.

18. Es Batu

Es batu juga berfungsi untuk memperkecil pori-pori pada wajah. Cara menghilangkan komedo menggunakan es batu yaitu dengan menempelkan es batu pada area komedo dan menggosoknya secara perlahan. Sebelum melakukan perawatan ini dianjurkan untuk membersihkan wajah dengan krim pembersih wajah.

19. Tomat

Tomat dikenal sebagai buah sekaligus sayur yang terkenal yang kaya manfaat. Tomat banyak mengandung antioksidan dan antiseptik. Zat antioksidannya akan menjaga keremajaan kulit dan zat antiseptiknya dapat membunuh bakteri jahat maupun zat yang berbahaya bagi kulit. Tomat juga kaya akan vitamin C yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit dan vitamin E yang yang mampu mengangkat kulit mati dan menutup pori-pori kulit sehingga produksi minyak dapat ditekan dan pertumbuhan komedo dapat dicegah. Cara menghilangkan komedo menggunakan tomat yaitu dengan mengiris tomat menjadi potongan tipis-tipis kemudian ditempelkan pada wajah sebagai masker.

20. Kayu Manis (Cinnamon)

Selain digunakan sebagai penyedap rasa pada makanan, kayu manis ternyata juga dapat digunakan sebagai penghilang komedo. Cara menghillangkan komedo menggunakan kayu manis yaitu dengan mencampurkan 1 sendok kayu manis dengan lemon yang telah diblender. Dapat juga ditambahkan sedikit bubuk kunyit. Ramuan ini dijadikan masker pada wajah dan diamkan selama sekitar 10 menit kemudian dibilas. Kayu manis ini dapat ikut membantu mengeluarkan kotoran dari pori-pori.

21. Madu yang Dihangatkan

Madu dikenal sebagai zat yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Cara menghilangkan komedo menggunakan madu yaitu ambil beberapa sendok madu murni kemudian hangatkan madu tersebut. Lalu oleskan pada wajah yang berkomedo. Setelah beberapa menit, bilaslah wajah dengan air bersih.

22. Bengkoang dan Ketimun

Kita pasti sudah sering melihat bahwa bengkoang dan ketimun sering digunakan sebagai bahan utama untuk produk kecantikan wajah. Cara menghilangkan komedo menggunakan kedua buah ini yaitu dengan mengaplikasikannya sebagai masker. Terlebih dulu iris bengkoang ataupun mentimun tipis-tipis kemudian tempelkan pada area wajah yang berkomedo. Bengkoang dan mentimun ini memberikan sensasi dingin pada wajah sehingga membuatnya terasa segar dan dapat menyerap keringat berlebih.

23. Plester Komedo (Pore Pack)

Produk ini banyak kita jumpai di pasaran. Sebelum menggunakannya, pilihlah produk yang aman dan terpercaya. Cara menghilangkan komedo menggunakan plester komedo yaitu dengan cara melekatkan plester ke bagian wajah berkomedo, diamkan selama sekitar 15 menit, lalu lepaskan plesternya secara cepat sehingga komedonya dapat terangkat. Cara ini memang agak sedikit sakit, tetapi biasanya cukup efektif mengangkat komedo yang melekat agar terbawa pada plester yang ditempelkan.

24. Microdermabration

Microdermabration merupakan perawatan spa yang dapat digunakan untuk membersihkan sel-sel kulit mati penyebab komedo. Cara menghilangkan komedo dengan microdermabration ini dapat dilakukan di salon spa atau dokter kulit. Biasanya metode ini menggunakan peralatan seperti sikat dan ditunjang dengan produk dan obat-obatan kimia.

25. Retinoid Cleanser

Retinoid cleanser merupakan cream pembersih yang dapat membunuh bakteri sekaligus untuk membersihkan kulit wajah. Cara menghilangkan komedo dengan retinoid cleanser ini biasanya dilakukan oleh dokter kulit. Retinoid cleanser mengandung vitamin A yang dapat mencegah penumpukan minyak pada pori-pori serta mampu meningkatkan pertumbuhan sel kulit baru.

26. Chemical Peeling

Chemical peeling merupakan cara menghilangkan komedo yang dilakukan oleh dokter kulit dengan cara mengolesi area komedo dengan zat kimia iritan untuk memacu pengelupasan kulit secara cepat, sehingga komedo terangkat dan terjadi regenerasi kulit. Cara ini biasanya dikombinasikan dengan antibiotik yang dikonsumsi secara oral untuk membunuh bakteri yang ikut berperan dalam menimbulkan komedo.

27. Terapi Laser dan Cahaya

Terapi laser dan cahaya juga merupakan cara menghilangkan komedo yang sering di lakukan oleh dokter spesialis kulit. Terapi ini memanfaatkan teknologi sinar untuk menurunkan produksi minyak pada kulit dan membunuh bakteri penyebab komedo. Terapi ini dapat mengobati komedo tanpa merusak permukaan kulit paling luar.

Berbagai cara menghilangkan komedo di atas dapat dipilih yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Karena cara yang cocok untuk seseorang belum tentu cocok diterapkan kepada orang lain. Namun, dengan cara-cara di atas kita dapat mengerti berbagai alternatif pilihan dalam mengatasi komedo. Menghilangkan komedo secara tuntas dan permanen tentunya tidak bisa kita capai secara instan melainkan memerlukan perawatan wajah yang rutin. Selain itu, kita juga harus menerapkan gaya hidup sehat. Karena tanpa dibarengi dengan pola hidup sehat, pastilah semua cara-cara tersebut tidak akan efektif. Gaya hidup yang sehat itu antara lain dengan melakukan olahraga secara teratur, makan makanan yang bergizi terutama buah-buahan dan sayuran, serta rajin menjaga kebersihan kulit terutama di area wajah. Dengan wajah yang bersih tanpa komedo, ini pasti akan membuat wajah terlihat mulus, segar, kenyal dan tampak lebih muda.

Selain 27 cara di atas, berikut terdapat pula tips atau cara menghilangkan komedo secara sederhana dalam waktu singkat. Tips ini dapat digunakan pada saat yang mendesak jika kita menginginkan penampilan terbaik pada saat acara-acara penting. Tipsnya yaitu:
  1. Basuh wajah dengan air dingin.
  2. Usap dan pijatlah wajah, lalu cucilah dengan produk pencuci wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda.
  3. Bilas dengan air bersih kemudian keringkan dengan handuk.
  4. ang paling penting adalah Anda harus mengenali jenis kulit Anda agar tidak salah dalam memilih pembersih ataupun produk perawatan lainnya.
  5. Jika perlu, Anda bisa melakukan teknik penguapan agar pori-pori semakin terbuka dan memudahkan Anda untuk mengeluarkan komedo dari permukaan kulit.
  6. Setelah komedo sudah mulai muncul, Anda bisa menggunakan alat khusus untuk mengeluarkan atau memencet komedo. Pastikan alat tersebut dalam keadaan bersih dan steril.
Anda juga perlu ingat bahwa cara menghilangkan komedo untuk jenis tertutup dan terbuka itu berbeda. Untuk komedo blackhead, Anda bisa menusuknya dengan alat khusus untuk mengeluarkan isi komedo yang menyumbat pori-pori. Tapi Anda perlu ingat bahwa jangan sekali-kali menggunakan alat yang tidak streil karena ini justru akan menimbulkan peradangan dan infeksi pada kulit. Sedangkan, untuk jenis whitehead, Anda cukup menekan area berkomedo dengan jari agar komedo terdesak untuk keluar. Selain itu, ada satu lagi cara untuk membuat kulit Anda halus dan bebas komedo, yaitu dengan melakukan perawatan facial di salon. Ini adalah solusi bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk merawat wajah di rumah.

Setelah melakukan metode pembersihan komedo baik yang terbuka maupun tertutup seperti metode di atas, langkah selanjutnya adalah melakukan pembersihan. Pada langkah pembersihan ini area yang telah kita keluarkan isi komedonya dibersihkan dengan alkohol atau larutan antiseptik lainnya untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri baru. Akan tetapi, jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal tanpa efek samping berbahaya, alangkah lebih baiknya jika mendiskusikannya dengan ahli kulit atau bahkan dokter spesialis untuk mendapatkan metode dan teknik perawatan kulit wajah yang paling tepat.

Previous
Next Post »