Teh Untuk Kesehatan

teh untuk kesehatan
Teh Untuk Kesehatan | Siapa yang tak kenal teh? Minuman ini menjadi minuman wajib yang ada di setiap tempat. Rumah, kantor, restoran dan tempat lainnya pasti menawarkan teh sebagai salah satu pilihan pengusir dahaga. Rasanya yang enak dan disukai banyak orang menjadikan teh minuman yang banyak dicari. Teh juga terkenal memberikan efeks relaks bagi siapapun yang meminumnya. Tak heran banyak orang yang meminum teh jika mereka merasa lelah atau sedang stres. Selain mengusir dahaga dan memberikan efek relaks pada tubuh, teh juga baik untuk kesehatan. Berikut ini ada beberapa contoh teh untuk kesehatan, diantaranya adalah:

1. Teh Herbal

Teh herbal memiliki manfaat pengobatan seperti manfaat air. Teh ini juga mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Namun, tidk seperti teh hitam dan kopi yang mengandung kafein, teh herbal tidak akan membuat sistem kardiovaskular menjadi tegang. Ada jenis teh herbal yang dapat mempercepat proses pencernaan yaitu teh yang sudah dicampur dengan biji adas dan jintan. Teh herbal ini dapat diminum sebagai penyegar setalah makan makanan berat. Selain untuk pencernaan, teh herbal juga dapat membantu Anda merasa santai dan tidur nyenyak. Teh herbal ini dibuat dari teh yang dicampur dengan chamomile, valerian dan peppermint. Teh herbal ini sngat baik diminum tiga puluh menit sampai satu jam sebelum tidur. Selain itu, ada juga teh herbal yang terbuat dari vervain dan  bunga levender yang diminum dipagi hari dan berkhasiat untuk membangkitkan stamina dan semangat setelah bekerja keras.

2. Teh Bunga-Bungaan

Teh juga dapat dibuat dari bunga-bungaan. Salah satu contohnya adalah teh yang terbuat dari bunga jeruk yang bisa membuat peminumnya tidur nyenyak semalaman. 

3. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan alami yang dikenal dengan polifenol katekin. Bahkan teh hiau mengandung sepuluh kali jumlah antioksidan yang terdapat dari buah dan sayuran. Beberapa manfaat teh hijau yaitu menyegarkan nafas, mengontrol berat badan, mengurani kolesterol, mengurangi reaksi alergi, mengelola tekanan darah dan banyak lagi manfaat lainnya.

4. Teh Putih

Sama seperti teh hijau dan teh hitam, teh putih berasal dari tanaman Camellia sinensis. Teh putih mengandung antioksidan lebih besar daripada teh hijau dan teh hitam. Selain itu, kandungan kafeinnya juga lebih sedikit daripada teh hijau dan teh hitam. Teh putih diakui sebagai varietas teh yang olahannya paling sedikit, karena tidak ada proses pemanasan atau oksidasi dalam pembuatannya. Beberap manfaat teh putih adalah untuk mengendalikan obesitas, mencegah kanker, dan merawat kulit.

5. Teh Oolong

Teh oolong merupakan teh semi fermentasi, terbuat dari daun dan tunas tanaman camellia sinensis, sebagaimana teh murni lainnya. Nama ‘Oolong’ atau ‘Wulong’ berasa dari China, yang berarti ‘naga hitam’. Warna teh ini bisa dibilang antara warna hijau dan hitam. Selain itu, terdapat banyak jenis teh oolong, dengan berbagai rasa dan aroma, mulai dari manis beraroma buah hingga yang pahit dan beraroma kayu. Beberap manfaat mengkonsumsi teh oolong adalah untuk mengendalikan berat badan, mencegah kanker, menjaga kesehatan kulit, menambah energi dan baik untuk tulang.

Teh memang banyak memiliki manfaat. Tetapi pada penerapannya kadang kita menambahkan gula agar teh terasa manis. Terlalu banyak kadar gula dalam teh apalagi bila dikonsumsi terus menerus malah dapat membuat Anda diabetes. Maka dari itu hindarilah atau kurangilah kadar gula saat membuat teh. Malah, lebih baik meminum teh tanpa gula agar rasa khas, aroma teh, dan khasiatnya tetap terjaga.


Baca juga artikel sebelumnya solusi alami untuk sakit kepala

Previous
Next Post »